Berita Industri · 5 min read

Terungkap! 134 Negara Jajaki Mata Uang Digital Bank Sentral

cbdc

Data dari Atlantic Council mengungkapkan bahwa semakin banyak negara di dunia yang tengah mengeksplorasi potensi penerapan mata uang digital bank sentral atau Central Bank Digital Currency (CBDC), termasuk Indonesia. 

CBDC adalah bentuk digital dari mata uang fiat yang dikeluarkan oleh bank sentral dan merupakan klaim langsung pada bank sentral tersebut. Alih-alih mencetak uang dalam bentuk fisik, bank sentral menerbitkan koin elektronik atau akun digital yang didukung oleh kepercayaan penuh dan jaminan pemerintah.

“134 negara yang mewakili 98% dari PDB global, sedang menjajaki CBDC. Pada bulan Mei 2020, jumlahnya hanya 35 negara. Saat ini, 66 negara berada dalam tahap lanjutan eksplorasi-pengembangan, uji coba, atau peluncuran,” tulis Atlantic Council.

Per September 2024, seluruh anggota G20 telah aktif mengembangkan dan menguji coba proyek CBDC mereka, dengan 19 negara di antaranya berada di tahap lanjutan.

Di antara negara-negara tersebut, 13 negara telah mencapai tahap pilot atau uji coba, termasuk Indonesia, Brasil, Jepang, India, hingga Australia.

Sebanyak 44 negara masuki tahap uji coba CBDC, termasuk Indonesia. Sumber: Atlantic Council

Adapun sejak invasi Rusia ke Ukraina dan penerapan sanksi oleh kelompok G7, proyek CBDC lintas negara untuk transaksi wholesale telah meningkat lebih dari dua kali lipat.

Saat ini terdapat 13 proyek CBDC lintas negara, termasuk Proyek mBridge yang menghubungkan bank-bank di China, Thailand, Uni Emirat Arab, Hong Kong, dan Arab Saudi. Diperkirakan, proyek mBridge ini akan diperluas ke lebih banyak negara pada tahun ini.

Baca juga: Visa Beberkan Peran Penting CBDC dan Tokenisasi untuk Dunia

Tiga Negara Sukses Meluncurkan CBDC

Di antara negara lainnya yang masih bereksperimen CBDC, saat ini telah terdapat tiga negara yang telah sepenuhnya meluncurkan CBDC mereka, yakni Bahama, Jamaika, dan Nigeria. Di Bahama dan Nigeria, penerbitan CBDC telah meningkat secara signifikan. Ketiga negara tersebut fokus pada memperluas jangkauan CBDC ritel mereka di dalam negeri.

Adapun digital yuan (e-CNY) masih menjadi proyek pilot CBDC terbesar secara global. Pada Juni 2024, total volume transaksi e-CNY mencapai CNY7 triliun atau setara Rp15.000 triliun di 17 provinsi, mencakup sektor seperti pendidikan, kesehatan, dan pariwisata. Angka ini hampir empat kali lipat dari CNY1,8 triliun yang dicatat oleh Bank Sentral China pada Juni 2023.

Untuk perkembangan CBDC di Indonesia, Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan whitepaper Digital Rupiah yang merupakan bagian dari inisiatif Proyek Garuda, yang pertama kali diperkenalkan pada 30 November 2022.

Mengutip Antara pada Mei 2024, BI menyebut Digital Rupiah saat ini masih dalam tahap penelitian dan akan segera memasuki fase menengah pengembangan. Namun, jadwal resmi peluncuran Digital Rupiah belum ditetapkan hingga saat ini.

Baca juga: Rupiah Digital Masuk ke Tahap Peninjauan Proof of Concept

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.