Tembus ATH Baru, Shiba Inu Adalah ‘Doge Killer’ yang Sebenarnya?

Rossetti Syarief

28th October, 2021

Shiba Inu kembali tembus All Time High baru, serta melanjutkan relinya dari akhir bulan lalu hingga Oktober. Terus meraih pencapaian, Token SHIB digadangkan menjadi token Meme pertama yang sesuai dengan sebutan ‘Doge Killer’.

Menurut data yang dilansir dari CoinMarketCap, Token SHIB berhasil menggulingkan Dogecoin di papan peringkat cryptocurrency dan mendudukki tahta nomor 7.

Selain itu, Hari ini Shiba Inu juga menembus All Time High dan menetapkan rekor barunya di harga US$0,00007486 pada saat penulisan.

Papan Peringkat Cryptocurrency

Lantas, apa penunjang dibalik kesuksesan SHIB sebagai Doge Killer?

Daftar Exchange meningkatkan akses ke SHIB

Salah satu faktor terbesar yang membantu mengangkat harga SHIB selama satu bulan terakhir ini adalah peningkatan akses pengguna di beberapa bursa mata uang kripto ke token.  

Ditambah lagi pengumuman kemitraan SHIB dengan penyedia pembayaran crypto bernama NOWPayments.

Dengan kemitraan tersebut, Shiba Inu dapat diterima sebagai bentuk pembayaran, digunakan untuk sumbangan, serta tersedia untuk mengeluarkan gaji di crypto melalui fitur pembayaran massal.

Sebagai fitur deflasi tambahan, 3% dari keuntungan yang diterima NOWPayments dari semua transaksi SHIB akan dibakar.

Shiboshi NFT

Alasan kedua dibalik kuatnya pondasi Shiba Inu adalah peluncuran lini NFT-nya sendiri yang dikenal sebagai Shiboshi.

Sejauh ini, NFT masih terus menjadi sektor paling populer dari ekosistem cryptocurrency yang sekaligus menjadi cara yang andal bagi proyek untuk meningkatkan interaksi serta dukungan dari masing-masing komunitas.

Semua Shiboshi sekarang telah dicetak dan terdaftar di pasar OpenSea NFT.

Lonjakan Open Interest pada Jaringan

Alasan ketiga meningkatnya kekuatan SHIB adalah lonjakan Open Interest (OI) seperti futures atau options yang sedang terbuka dan belum ditutup untuk penyelesaian.

Di beberapa bursa terdapat OKEx, FTX dan Huobi yang mengidolakan SHIB.

Exchange futures open interest untuk SHIB

Seperti yang terlihat pada grafik di atas, OI untuk SHIB telah melonjak dari $15,7 juta pada 3 Oktober ke rekor $178,95 juta pada 27 Oktober kemarin. 

Faktor tersebut yang menyebabkan harga SHIB melonjak ke level tertinggi baru sepanjang masa.

Menurut analis pasar Marcel Pechman, OI akan mengikuti pompa harga alih-alih kenaikan aktual.

Disclaimer: Artikel ini merupakan berasal dari berbagai sumber dan pandangan penulis, artikel ini bukan ajakan untuk investasi. Semua keputusan ada di tangan pembaca dengan mengetahui segala keuntungan dan resikonya.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik