Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Swiss Akan Punya Bank Cryptocurrency Lho!

Aulia Medina     Friday, October 5 2018

Startup asal Swiss, SEBA Crypto AG, telah mendapatkan dana 100 juta Franc Swiss ($103 juta) untuk membentuk bank yang menawarkan layanan terkait cryptocurrency, seperti dikutip dari Reuters (26/9).

SEBA dilaporkan dipimpin oleh banker UBS, Guido Buehler sebagai ketua pelaksana dan Andreas Amschwand sebagai ketua. Mereka berencana untuk menerapkan lisensi perbankan dan agen sekuritas dari otoritas market finansial Swiss, FINMA. Lisensi tersebut akan mengizinkan firma melakukan trading crypto dan bisnis investasi untuk bank lain dan investor yang memenuhi syarat.

Guido mengatakan pada Reuters bahwa SEBA bertujuan untuk menjadi jembatan antara sistem bank tradisional dan industri cryptocurrency. Startup ini juga akan menyediakan keuangan korporat, termasuk konsultasi ICO dan aset digital lainnya yang terkait untuk klien korporat. Andreas menyatakan akan project ini:

“Di Swiss kami memiliki komitmen dari berbagai otoritas untuk menyediakan pengaturan yang komprehensif untuk pengembangan teknologi blockchain dan pertumbuhan aset crypto yang stabil.”

SEBA berencana untuk melebarkan operasi menjadi pusat keuangan utama, mulai dari Zurich pada 2019. Investor yang mendanai SEBA termasuk firma seperti Manajemen Aset BlackRiver dan Summer Capital yang berbasis di Hong Kong, juga pihak lain dari Swiss, Singapura, Malaysia, Tiongkok, dan Hong Kong.

 

Baca juga artikel ini: Transaksi Blockchain di Hong Kong dengan 7 Bank

 

Awal bulan ini, Asosiasi Bankir Swiss (SBA) mengisukan panduan dasar untuk bank bekerja dengan startup blockchain untuk menghindari eksodus crypto massal dari Swiss karena arbitrase peraturan.

Tiap skema yang disediakan oleh SBA, firma blockchain tanpa ICO akan diperlakukan seperti perusahaan kecil dan menengah. Firma dengan ICO harus mengikuti peraturan ketat dan tunduk pada hukum anti pencucian uang (AML) dan prinsip mengenal nasabah (KYC).

Pada Agustus, bank swasta Maerki Baumann mulai menerima aset crypto dari pembayaran dari layanan yang diberikan, serta yang diperoleh dari mining crypto. Maerki Baumann mencatat bahwa mereka tidak siap menyediakan investasi cryptocurrency secara langsung, tetapi menyediakan para ahli untuk klien yang tertarik berinvestasi crypto.

Pada Juni, Hypothekarbank Lenzburg menjadi bank pertama di Swiss yang menyediakan rekening bisnis untuk blockchain dan perusahaan fintech yang berhubungan dengan crypto. Namun, bank tersebut dilaporkan sangat selektif dalam menerima nasabah baru. Per Juni, hanya terdapat dua perusahaan dari industri crypto.

Sumber: Cointelegraph