SushiSwap Naik 200% di Januari 2021, Akibat Inovasi BentoBox

Naufal Muhammad

25th January, 2021

Koin dari SushiSwap (SUSHI) terlihat telah mengalami apresiasi sekitar 210% sejak 1 Januari 2021 hingga 25 Januari 2021 pukul 16.00 WIB. Apresiasi ini tergolong signifikan di dunia crypto akibat stagnasi Bitcoin yang terjadi bersama munculnya kekuatan sektor DeFi.

Terdapat satu sentimen positif yang menjadi pengaruh utama terjadinya apresiasi ini. Namun apresiasi ini bukan hasil dari korelasi negatif antara Bitcoin dan sektor DeFi melainkan akibat faktor internal SUSHI.

SushiSwap Naik 200%, Menyentuh Harga Tertinggi

SUSHI baru saja menembus harga tertinggi sebelumnya pada $8,84 untuk bergerak naik ke harga tertinggi barunya pada $10,39 menurut data dari Bursa FTX. Apresiasi ini terjadi pada pagi ini sekitar pukul 07.51 WIB walau sudah mulai terkoreksi kembali.

Hasilnya sejak Januari 2021 hingga saat ini, SUSHI telah mengalami apresiasi yang signifikan yaitu sekitar 210%. Jika dihitung sejak 1 Januari 2021 hingga harga tertinggi barunya, SUSHI telah naik hampir 300% yang menjelaskan mengapa banyak tekanan jual di harga tersebut.

Baca juga: Coinfest 2021: Prediksi Koin DeFi Berpotensi Naik di 2021

Menurut banyak sumber, apresiasi ini merupakan sentimen positif dari pengembangan produk baru dari SushiSwap. Produk tersebut adalah BentoBox, tempat penyimpanan baru dengan sistem yang berbeda dengan saat ini.

Awal Tebentuknya Platform

SushiSwap adalah salah satu koin yang berasal dari kejadian fork dalam blockchain suatu jaringan koin lainnya. SUSHI berasal dari fork yang terjadi pada jaringan Uniswap yang dikenal sebagai salah satu jaringan terbaik dalam sektor DeFi.

Dibangun pada Blockchain Ethereum, Uniswap memiliki beberapa smart contract yang mempermudah transaksi secara desentralisasi. Platform transaksi yang bernama swaps ini adalah platform yang mempermudah transaksi tanpa harus adanya pihak ketiga.

Baca juga: SushiSwap Secara Resmi Bermigrasi dari Uniswap!

SushiSwap kemudian mengembangkan platformnya dengan mengimplementasikan governance dan staking. Implementasi governance mempermudah pemiliki SUSHI untuk memberikan suara terkait proposal-proposal pengembangan platform tersebut.

Implementasi staking dilakukan agar para pemberi likuiditas di platform tersebut dapat menerima keuntungan dengan meminjamkan dananya untuk mempermudah swap terjadi. Saat ini SushiSwap hadir kembali dengan inovasi baru bernama BentoBox.

Inovasi Baru, BentoBox

Inovasi tersebut berhubungan dengan pengembangan produk baru dalam wadah tersebut bernama BentoBox ini. Pembaruan ini adalah cara baru dalam penyimpanan koin dalam platform SushiSwap.

Saat ini, masing-masing swap yang ada menyangkut suatu aset dan suatu denominasi yang berbeda-beda. Untuk swap dapat terjadi, SushiSwap harus menerbitkan kontrak pintar atau smart contract baru dengan isi ketentuan yang berbeda dengan swap sebelumnya.

Baca juga: Peneliti Temukan 10 Kelemahan Sistem Keamanan SushiSwap

Dengan adanya BentoBox, sistem ini tidak perlu lagi dilakukan. Hal ini disebabkan BentoBox memberikan cara penyimpanan baru yang dapat berisi beberapa jenis koin.

Saat suatu koin mendapatkan persetujuan untuk menjadi bagian dari BentoBox, swap apa pun dapat diciptakan tanpa harus adanya smart contract yang menyulitkan. Inovasi ini juga menambahkan beberapa manfaat seperti merendahkan biaya dan sistem yang lebih maju.

Penyesuaian Besar di Sektor DeFi

Sektor DeFi terlihat masih mengalami apresiasi sejak musim panas Tahun 2020 kemarin. Faktanya banyak mata uang crypto yang termasuk dalam sektor DeFi yang mengalami apresiasi harga yang cukup signifikan.

Akibat pergerakan tersebut, musim panas lalu dinamakan mayoritas pelaku pasar crypto sebagai “Musim Panas DeFi”. Proyek seperti Yearn Finance, Aave, dan Compound menjadi beberapa yang mengalami apresiasi dengan kapitalisasi pasar masing-masing yang mencapai $1 Miliar.

Baca juga: Setelah SushiSwap, Yearn Finance Lakukan Kerjasama dengan Cover Protocol

Selain itu, jumlah dana yang terkunci atau total value locked (TVL) di sektor DeFi naik sekitar $20 Miliar pada akhir Tahun 2020. Saat ini total dana tersebut sudah mencapai sekitar $25 Miliar.

Secara keseluruhan, seluruh anggota dari DeFi saat ini terlihat mengalami penyesuaian besar dengan beberapa inovasi baru yang terjadi. Mayoritas pasar menganggap penyesuaian ini sebagai kemajuan untuk DeFi yang mulai menunjukkan potensi nyatanya.

Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.