Berita Industri · 6 min read

Survei: Mayoritas Investor Tetap Optimis Terhadap Kripto Pasca Halving

Survei terbaru CoinGecko yang mengukur sentimen pasar menemukan bahwa mayoritas investor kripto tetap bullish terhadap kondisi pasar setelah terjadinya peristiwa Bitcoin Halving pada April 2024.

Baca juga: 5 Fakta Seputar Bitcoin Halving 2024 yang Perlu Kamu Tahu!

Studi ini menganalisis tanggapan dari 2.558 partisipan dalam survei yang dilaksanakan dari 25 Juni hingga 8 Juli 2024. Partisipan tersebut terdiri dari investor jangka panjang, trader jangka pendek, crypto builder, dan pengamat pasar.

Hasil survei mengungkapkan bahwa sekitar 49,3% partisipan tetap bullish terhadap pasar kripto, meski terdapat penurunan harga signifikan setelah halving. Di antaranya, 26,1% partisipan merasa cukup optimis dan 23,2% lainnya sangat optimis. 

Grafik menunjukkan mayoritas partisipan tetap bullish. Sumber: CoinGecko

Sebaliknya, 25,2% partisipan merasa bearish dengan 13,4% agak pesimis dan 11,8% sangat pesimis, sementara 25,5% partisipan lainnya memiliki pandangan netral terhadap kondisi pasar saat ini.

Baca juga: Mayoritas Holder Bitcoin Masih Untung Meskipun Harga BTC Anjlok

Investor dan Crypto Builder Paling Optimis

Dari keempat kategori partisipan, investor kripto menunjukkan tingkat optimisme tertinggi dengan 54,1% di antaranya merasa bullish dan hanya 20,7% yang memiliki sentimen bearish. Crypto builder mengikuti dengan 47,6% merasa bullish.

Sebaliknya, sentimen trader kripto cenderung lebih terpecah, dengan 39% merasa bullish dan 33,5% merasa bearish. Hal ini mungkin disebabkan oleh kecenderungan trader jangka pendek untuk menyesuaikan sentimen pasar mereka berdasarkan pergerakan harga yang terjadi saat itu.

Pengamat pasar menunjukkan sikap paling pesimis terhadap kondisi pasar kripto, dengan 42,4% di antaranya cenderung bearish. Pandangan pesimis dari pengamat ini kemungkinan mencerminkan mereka yang telah mengambil keuntungan dan sementara keluar dari pasar.

Peristiwa halving Bitcoin pada April 2024 sebelumnya telah memicu kenaikan harga aset kripto dalam beberapa bulan berikutnya, dengan harga yang stabil di atas level US$60.000. 

Namun, sentimen terhadap pasar kripto mulai berubah negatif akibat distribusi Mt. Gox dan penjualan Bitcoin oleh pemerintah di berbagai negara yang mengakibatkan penurunan harga besar-besaran. Pada saat artikel ini ditulis (11/7/2024), harga Bitcoin masih bertahan di US$57.890.

Adapun indeks Fear and Greed kripto telah mengalami penurunan tajam sejak pekan lalu. Pada saat artikel ditulis, indeks ini berada di 29 poin, yang mengidikasikan sentimen fear.

Sebagai perbandingan, sentimen pasar pada saat bull market pasca-halving menunjukkan angka 78 pada awal Juni lalu, yang setara dengan Greed.

Baca juga: Harga BTC Melemah, Indeks Fear and Greed Turun ke Level Terendah

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.