Berita Bitcoin · 8 min read

Rutin Jual Bitcoin, Segini Sisa Kripto di Wallet Pemerintah Jerman

Jerman jual Bitcoin

Pemerintah Jerman melakukan penjualan besar-besaran Bitcoin yang disita dari operasi ilegal Movie2k yang kini hanya tersisa hampir setengah dari total Bitcoin awal yang mereka miliki.

Baca juga: Jerman Pindahkan 700 Bitcoin, Harga BTC ke Level US$54 Ribu

Aksi Jual dan Buyback yang Berulang

Data dari Arkham Intelligence menunjukkan bahwa pemerintah Jerman sebelumnya sempat mengirim 5.200 BTC senilai sekitar US$297,3 juta ke exchange Kraken, Bitstamp, Coinbase, dan alamat wallet 139Po pada 8 Juli 2024.

Dengan transaksi ini, total penjualan Bitcoin oleh pemerintah Jerman dalam satu hari mencapai lebih dari 16.000 BTC. Penjualan Bitcoin itu juga membuat pemerintah Jerman hanya menyisakan 23.787 BTC.

Beberapa jam kemudian, Jerman tampaknya kembali mengakuisisi beberapa Bitcoin dari ketiga exchange dalam banyak transaksi.

Transaksi terakhir di wallet pemerintah Jerman. Sumber: Arkham Intelligence

Kepemilikan Bitcoin pemerintah Jerman saat ini diketahui tinggal berjumlah 27.461 BTC senilai US$1,57 miliar dari total 50.000 BTC yang disita dari situs streaming ilegal Movie2k.

Masih belum jelas apa maksud dari aksi jual beli Bitcoin oleh pemerintah Jerman. Namun, tindakannya ini dianggap telah berkontribusi pada tekanan jual di pasar kripto yang menyebabkan penurunan pada harga BTC.

Sejak itu juga, Bitcoin telah kehilangan level harga US$60.000. Pada saat artikel ini ditulis (9/7/2024) nilai Bitcoin diperdagangkan kisaran US$57.500, menurut data CoinMarketCap.

Baca juga: CEO CryptoQuant: Penjualan BTC Pemerintah Berdampak Kecil pada Kripto

Potensi Dampak Lanjutan, BTC Mungkin ke US$50.000

Dengan jumlah BTC yang masih dimiliki pemerintah Jerman saat ini, masih ada potensi untuk penjualan lebih lanjut di masa mendatang. Investor dan pelaku pasar kripto perlu memperhatikan pergerakan wallet yang terkait dengan pemerintah Jerman untuk mengantisipasi dampak lebih lanjut terhadap harga Bitcoin.

Per 19 Juni, ketika Pemerintah Jerman memulai aktivitas pemindahan dan penjualan Bitcoin, harga BTC telah mengalami penurunan sekitar -13% dari US$65.665 ke US$57.163 pada 9 Juli.

Dengan penjualan hampir setengah kepemilikan BTC Jerman sebelumnya, ada potensi harga BTC akan mengalami penurunan lanjutan dalam beberapa pekan atau bulan ke depan. Penurunan ini kemungkinan akan lebih kecil atau setidaknya sama dengan penurunan sejak 19 Juni 2024 hingga artikel ini ditulis.

Hal ini juga didukung oleh indikator RSI pada timeframe 4 jam yang mulai mengarah ke tengah di angka 49, meninggalkan area oversold.

Indikator RSI Bitcoin pada timeframe 4 jam. Sumber: TradingView

Ini mengindikasikan meskipun harga BTC belum kembali di atas US$60.000, harga telah dianggap “sedikit pulih”, sehingga ada kesempatan tekanan jual untuk membuat RSI kembali menunjukkan oversold.

Salah satu skenario yang mungkin terjadi jika pemerintah Jerman melanjutkan untuk menjual sisa Bitcoin mereka adalah penurunan harga Bitcoin lanjutan sekitar -13% dari harga sekarang ke kisaran harga US$50.000 dan RSI kemungkinan besar akan menunjukkan oversold.

Baca juga: Pemerintah Jerman Jual Bitcoin Bernilai Rp3,2 Triliun

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.