Berita Bitcoin · 5 min read

Jerman Pindahkan 700 Bitcoin, Harga BTC ke Level US$54 Ribu

Pemerintah Jerman tampaknya terus melakukan pemindahan Bitcoin meskipun pasar kripto sedang bergejolak. Baru-baru ini, mereka memindahkan tambahan 700 Bitcoin ke sebuah alamat baru.

Baca juga: Pemerintah Jerman Jual Bitcoin Bernilai Rp3,2 Triliun

Data dari Arkham Intelligence menunjukkan bahwa Bitcoin senilai US$40,47 juta atau sekitar Rp658,4 miliar dipindahkan dari wallet milik pemerintah Jerman ke sebuah alamat baru yang tidak teridentifikasi pada 6 Juli.

Pemerintah Jerman memindahkan Bitcoin ke alamat baru pada 6 Juli. Sumber: Arkham Intelligence

Para analis berpendapat bahwa pemindahan Bitcoin ini mungkin merupakan tindakan penjualan, karena alamat tersebut kemungkinan milik sebuah perusahaan atau penyedia layanan over-the-counter (OTC).

Jerman sendiri telah melakukan serangkaian transfer untuk mengurangi kepemilikan Bitcoin sejak 20 Juni lalu. Pemerintah tersebut telah mentransfer Bitcoin hasil sitaan senilai US$195 juta ke berbagai wallet dan exchange kripto seperti Coinbase, Kraken, dan Bitstamp.

Tindakan ini berlanjut hingga 4 Juli, ketika pemerintah kembali memindahkan Bitcoin senilai US$175 juta ke berbagai wallet. Data dari Arkham Intelligence menunjukkan bahwa per 8 Juli, pemerintah Jerman hanya memegang sekitar 39.826 BTC.

Adapun aksi Jerman itu dinilai semakin memperburuk performa harga Bitcoin, yang terus merosot hingga mencapai level US$54.954.

Grafik harga Bitcoin selama sepekan terakhir. Sumber: TradingView

Baca juga: AS dan Jerman Lanjut Jual Kripto Senilai Rp2,4 Triliun, Harga BTC Koreksi

Pemerintah Jerman Sempat Buyback

Pasar kripto sempat mengalami pemulihan sesaat setelah muncul kabar bahwa Jerman telah menerima 1.915 Bitcoin senilai US$111,45 juta dari alamat yang terhubung dengan Kraken, Bitstamp, dan Coinbase, yang diindikasikan sebagai aksi pembelian kembali Bitcoin.

Anggota parlemen Jerman, Joana Cotar, sebelumnya telah mendesak pemerintah untuk segera menghentikan penjualan Bitcoin. Cotar berpendapat bahwa Bitcoin menawarkan kesempatan untuk mendiversifikasi aset negara dan mengurangi risiko yang terkait dengan investasi tradisional. 

Selain itu, ia juga menekankan bahwa kelangkaan dan sifat deflasi Bitcoin dapat menjadikannya sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan devaluasi mata uang fiat.

Di sisi lain, pendiri Tron, Justin Sun, telah menawarkan untuk membeli seluruh kepemilikan Bitcoin Jerman saat ini guna mengurangi dampak negatif yang terjadi pada pasar kripto secara luas.

Baca juga: Justin Sun Siap Beli Bitcoin Milik Jerman Demi Stabilkan Pasar

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.