Berita Bitcoin · 6 min read

CEO CryptoQuant: Penjualan BTC Pemerintah Berdampak Kecil pada Kripto

Penjualan Bitcoin oleh pemerintah Jerman telah menciptakan kepanikan di antara para trader kripto. Namun, CEO CryptoQuant, Ki Young Ju, menyatakan bahwa penjualan ini memiliki peran kecil terhadap penurunan pasar kripto saat ini.

Baca juga: Jerman Pindahkan 700 Bitcoin, Harga BTC ke Level US$54 Ribu

Dalam sebuah postingan di X pada 6 Juli, Young Ju menjelaskan bahwa US$224 miliar telah mengalir ke pasar Bitcoin sejak 2023. Sebagai perbandingan, Bitcoin yang disita dan dijual oleh pemerintah hanya bernilai sekitar US$9 miliar. Menurutnya, angka tersebut hanya mencakup sekitar 4% dari total kapitalisasi realisasi Bitcoin selama periode ini.

Kapitalisasi realisasi adalah metrik yang mengukur total modal yang telah masuk ke pasar berdasarkan harga ketika setiap koin terakhir kali berpindah tangan. Berbeda dengan kapitalisasi pasar tradisional yang mengalikan harga saat ini dengan total jumlah koin yang beredar, kapitalisasi realisasi lebih mencerminkan nilai sebenarnya dari transaksi yang telah terjadi di jaringan.

Young Ju mengatakan bahwa kapitalisasi realisasi juga mencerminkan total nilai perdagangan di jaringan, yang sering digambarkan sebagai “kuburan para korban exit liquidity“. Ini mencerminkan modal yang terakumulasi seiring dengan realisasi keuntungan dan eksekusi perdagangan. 

Kapitalisasi realisasi yang lebih tinggi menunjukkan dukungan fundamental yang lebih kuat untuk harga aset, terutama di pasar spekulatif seperti Bitcoin.

“Jangan biarkan penjualan oleh pemerintah menyebabkan ketakutan (FUD) dan merusak perdagangan Anda,” kata Young Ju.

FUD sendiri adalah singkatan dari Fear, Uncertainty, dan Doubt yang berarti ketakutan, ketidakpastian, dan kekhawatiran. Umumnya istilah ini akan dikaitkan dengan persepsi menggiring opini akibat umumnya kosa kata FUD keluar saat ada yang menyebar sentimen negatif.

Baca juga: Analis CryptoQuant Sebut Harga Bitcoin akan Alami Koreksi Signifikan

Indeks Fear and Greed Tinggi, Implikasi Ketakutan Berlebih Trader

Melihat kemungkinan ini, penurunan pasar kripto tampaknya lebih dipengaruhi oleh psikologis para trader yang termakan oleh FUD. Indeks Fear & Greed, yang mengukur sentimen pasar terhadap harga Bitcoin, mencatat tingkat ‘Fear’ yang ekstrem dengan skor 28 per 8 Juli 2024.

Indeks Fear & Greed kripto. Sumber: Alternative.me

Angka ini mencerminkan ketakutan yang meluas di antara para trader, mencapai titik terendah sejak Desember 2022 pasca keruntuhan FTX. Ketika ketakutan mendominasi, banyak trader yang cenderung menjual aset mereka untuk menghindari kerugian lebih lanjut, yang pada akhirnya mempercepat penurunan harga.

Young Ju sendiri menyatakan bahwa ia optimis situasi pasar saat ini masih berada dalam siklus bull market, dan penurunan harga kripto merupakan bagian dari fluktuasi pasar yang normal.

Ia berpendapat bahwa situasi ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang strategis, di mana para whale Bitcoin dapat mengumpulkan lebih banyak aset dengan harga yang lebih rendah. 

“Kita masih berada dalam siklus bullish. [Pasar] yang membosankan adalah sebuah peluang,” kata Young Ju.

Baca juga: Analis CryptoQuant Indentifikasi Dua Risiko Tersembunyi USDe Ethena

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.