Berita Altcoins · 7 min read

Solana Diterpa Rumor sedang Diproses Penyelidikan

Crypto Bitlord, seorang influencer kripto yang memiliki lebih dari 300 ribu pengikut di X, mengklaim telah mendengar rumor bahwa Solana (SOL) tengah dalam proses penyelidikan. Jika benar, ia mengatakan rumor ini berpotensi membawa dampak buruk terhadap mata uang kripto terbesar kelima tersebut.

Dalam postingan di X pada Senin (24/6/2024), Bitlord menyatakan bahwa penyelidikan terhadap Solana telah berlangsung selama beberapa minggu. Namun, dasar dari dugaan penyelidikan dan agensi yang memimpin penyelidikan masih belum jelas.

“Jika apa yang kami dengar itu benar, mulailah berdoa untuk Solana,” kata Bitlord.

Rumor ini telah menimbulkan keraguan dalam komunitas Solana. Beberapa pengguna merespons dengan menyebut Bitlord sebagai “badut,” yang menunjukkan ketidakpercayaan mereka terhadap klaim tersebut dan menganggapnya sebagai upaya untuk menarik perhatian. 

Bitlord menanggapi berbagai respons itu dengan menyatakan bahwa “sangat menyedihkan ketika orang biasa terjebak dalam hal-hal yang tidak mereka pahami dan kehilangan uang karenanya.”

Baca juga: 3iQ Ajukan Proposal ETF Solana Pertama di Kanada

Pengawasan SEC Terhadap Altcoin Proof-of-Stake

Spekulasi tentang penyelidikan Solana mencerminkan pengawasan yang baru-baru ini dialami Ethereum (ETH) oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). SEC telah melabeli Solana sebagai sekuritas, bersamaan dengan altcoin lainnya seperti Polygon (MATIC) dan Cardano (ADA).

Ketua SEC, Gary Gensler, sebelumnya mengatakan bahwa “segala sesuatu selain Bitcoin” dapat dicap sebagai sekuritas.

Pakar hukum Drew Hinkes percaya bahwa meskipun SEC telah menutup penyelidikan terhadap Ethereum, Solana mungkin tidak akan mengalami hasil positif yang sama, menurut laporan Decrypt.

Baca juga: SEC Resmi Akhiri Penyelidikan Ethereum 2.0

“Penyelidikan Ethereum 2.0 merupakan kemenangan bagi perusahaan, namun tidak berarti banyak bagi token POS [Proof-of-Stake] lainnya,” kata Hinkes.

Dalam penyelidikannya, SEC bisa saja bertindak berbeda terhadap token lain tergantung pada cara penjualan awal aset tersebut maupun faktor-faktor seperti keadaan teknologi hingga mekanisme validasi block.

Di tengah rumor ini, harga Solana sempat anjlok hampir 8% menjadi US$124, sebelum akhirnya pulih ke US$135 dengan kenaikan 9% dalam 24 jam terakhir, menurut data CoinMarketCap.

Baca juga: Hakim Putuskan XRP Bukan Sekuritas, Ini Fakta Pentingnya!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.