Berita Altcoins · 6 min read

3iQ Ajukan Proposal ETF Solana Pertama di Kanada

3iQ, perusahaan manajemen dana investasi asal Kanada, telah mengumumkan pengajuan proposal untuk The Solana Fund (QSOL), yang diproyeksikan akan menjadi produk ETF Solana pertama yang terdaftar di Amerika Utara, terutama di Kanada.

Baca juga: Investor Institusi Lebih Pilih Solana daripada XRP

Dalam pengumumannya, 3iQ menyatakan bahwa QSOL akan ditawarkan di Bursa Efek Toronto (TSX) melalui initial coin offerings (IPO).

Produk investasi ini dirancang untuk memberikan eksposur terhadap mata uang kripto SOL dan mengikuti pergerakan harga harian SOL dalam dolar AS. Proposal QSOL tersebut telah diajukan kepada regulator sekuritas di seluruh provinsi dan wilayah di Kanada, kecuali Quebec.

Lebih lanjut, QSOL akan menyediakan layanan staking untuk menghasilkan pendapatan pasif dengan imbal hasil sekitar 6-8%. Coinbase Custody dan Tetra Trust akan bertindak sebagai kustodian, sementara Coinbase Custody juga akan menyediakan infrastruktur staking institusional untuk ETF Solana ini.

“Sebagai pelopor dalam manajemen investasi aset digital, kami berharap dapat melanjutkan misi kami untuk menyediakan sarana investasi yang teregulasi bagi investor individu dan institusi untuk mengakses kelas aset kripto secara efisien,” kata Executive Vice President of Product and Head of Trading di 3iQ, Greg Benhaim.

Baca juga: ‘Raja Kripto’ Kanada Terbukti Lakukan Penipuan Ratusan Miliar

Kanada Jadi Negara Pertama yang Meluncurkan ETF Kripto Spot

Analis ETF Bloomberg, James Seyffart, mencatat bahwa Kanada merupakan negara pertama di dunia yang menyetujui peluncuran produk ETF Bitcoin spot dan ETF Ether spot.

Sebelumnya, 3iQ telah meluncurkan The Bitcoin Fund (QBTC) dan The Ether Fund (QETH) yang merupakan produk investasi kripto spot pertama yang diperdagangkan secara publik di Kanada.

Perusahaan ini juga memperdagangkan 3iQ Ether Staking ETF (ETHQ), produk ETP pertama di Amerika Utara yang menerapkan strategi staking ether (ETH).

Adapun Seyffart menekankan produk investasi Solana juga bukan hal yang baru di kancah global.

“Kalian pasti akan tercengang saat menyadari bahwa kita sudah memiliki lebih dari US$1 miliar di Solana ETP di tempat lain di dunia,” tulis Seyffart dalam sebuah postingan di X pada Jumat (21/6/2024).

Di sisi lain, Standard Chartered memperkirakan bahwa ETF Solana dan XRP akan diluncurkan pada tahun 2025 setelah Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) memberikan persetujuan terhadap ETF Bitcoin spot dan ETF Ether di Amerika Serikat.

“Dalam beberapa kasus, teknologi intinya sangat mirip dengan ETH, sehingga akan sulit bagi SEC untuk mengkategorikannya sebagai sekuritas mengingat posisi ETH,” ujar seorang analis dari Standard Chartered, Geoffrey Kendrick.

Kendrick mencatat peluncuran ETF Solana dan XRP ini diprediksi akan membuka jalan bagi ETF altcoin lainnya, terutama karena pemerintah AS tampaknya semakin terbuka terhadap industri kripto.

Baca juga: ETF Solana dan XRP Diprediksi Hadir pada 2025

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.