Berita Industri · 8 min read

ETF Solana dan XRP Diprediksi Hadir pada 2025

Mengikuti persetujuan aplikasi exchange-traded fund (ETF) Ethereum spot di Amerika Serikat, analis dari Standard Chartered, Geoffrey Kendrick, memperkirakan bahwa ETF yang berbasis Solana (SOL) dan Ripple (XRP) berpotensi untuk diluncurkan pada 2025.

Menurut laporan The Block, Kendrick berpendapat bahwa keputusan positif yang diberikan oleh US Securities and Exchange Commission (SEC) terhadap ETF Ether spot menandakan kemungkinan bahwa Ether (ETH) tidak akan dianggap sebagai sekuritas, dan hal ini juga berlaku untuk aset kripto lainnya yang memiliki kemiripan dengan Ether.

“Dalam beberapa kasus, teknologi intinya sangat serupa dengan ETH, sehingga akan sulit bagi SEC untuk mengkategorikannya sebagai sekuritas mengingat posisi ETH,” ujar Kendrick.

Baca juga: Standard Chartered Ramal ETF Ethereum Spot Bakal Disetujui Pekan Ini

Kripto Mulai Mendapat Dukungan Politik

Kendrick lebih lanjut menegaskan bahwa kemungkinan besar ETF kripto lainnya akan mengikuti, terutama karena pemerintah AS tampaknya lebih terbuka terhadap industri kripto.

“Industri kripto sekarang tampaknya mulai mendapat dukungan politik,” jelas Kendrick.

Baru-baru ini, Dewan Perwakilan Rakyat AS telah menyetujui rancangan undang-undang (RUU) kripto yang bertujuan untuk mengatur industri kripto di negara tersebut. RUU ini memberikan lebih banyak kewenangan dan pendanaan kepada US Commodity Futures Trading Commission (CFTC) untuk mengawasi pasar spot kripto dan komoditas digital.

Selain itu, kampanye pemilu di AS semakin memanas dengan masuknya kripto ke dalam perbincangan. Donald Trump, calon presiden AS dari Partai Republik, mulai merangkul kripto sebagai salah satu mata uang yang dapat digunakan untuk mendanai kampanye politiknya, dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan dari para pegiat kripto.

Menurut Kendrick, dukungan ini merupakan “momen penting” bagi industri kripto di AS, dan bahwa saat ini hanya tentang masalah waktu sebelum pasar melihat perubahan lebih lanjut dalam regulasi kripto.

Baca juga: Harapan Persetujuan ETF Ethereum Spot Didorong oleh Politik AS

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.