Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Hack dan Scam · 8 min read

‘Raja Kripto’ Kanada Terbukti Lakukan Penipuan Ratusan Miliar

King crypto canada

Setelah melakukan penyelidikan panjang terungkap bahwa orang yang memproklamirkan diri sebagai ‘raja kripto’ Kanada, Aiden Pleterski, dan Colin Murphy, terbukti terlibat dalam kegiatan penipuan dan pencucian uang.

Pleterski telah ditangkap pada 14 Mei namun ia telah dibebaskan pada hari yang sama dengan jaminan sebesar 100.000 CAD atau setara dengan Rp1,17 miliar yang diberikan oleh orang tuanya. Sementara Murphy juga dibebaskan dengan janji untuk menghadiri pengadilan.

Baca juga: Tipu Investor, Raja Kripto Kanada Diculik dan Disiksa!

Penyelidikan Berlangsung Lebih dari Satu Tahun

Dalam rilis pada hari Rabu (15/5/2024), polisi menyatakan bahwa kedua pria tersebut didakwa setelah penyelidikan selama 16 bulan yang disebut Proyek Swan terhadap Pleterski. Polisi Durham mulai menerima banyak pengaduan tentang dugaan penipuan investasi yang melibatkan Pleterski sejak Juli 2022.

Selama penyelidikan, polisi menemukan bahwa ada pria lain, yaitu Murphy, yang mengaku menghasilkan keuntungan besar melalui investasi cerdas. Beberapa korban diduga memberikan uang kepada Murphy dengan harapan dia akan menginvestasikannya atas nama mereka.

SCBC Toronto telah secara aktif melaporkan tentang Pleterski sejak musim panas 2022, ketika ia terpaksa mengajukan kebangkrutan oleh investor.

Selama proses kebangkrutan, investor Pleterski mencoba melacak lebih dari 40 juta CAD (Rp468 miliar) yang mereka berikan kepadanya untuk berinvestasi dalam mata uang kripto dan valuta asing.

Melalui bantuan pengadilan dan penunjukan wali amanat, akhirnya terungkap bahwa Pleterski melakukan penipuan. Dari puluhan juta uang yang diinvestasikan oleh investor, Pleterski menghabiskan hampir US$16 juta untuk kepentingan pribadinya, seperti menyewa jet pribadi, berlibur, membeli mobil mewah, dan menyewa rumah mewah.

Baca juga: Kanada dan Bahrain Beri Lampu Hijau untuk Perizinan Binance

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.