Kanada dan Bahrain Beri Lampu Hijau untuk Perizinan Binance

Rossetti Syarief

28th December, 2021

Menjelang berakhirnya 2021, Binance bersiap merayakan tahun baru diselimuti kabar baik terkait perizinan exchanges yang datang dari dua benua berbeda.

Kabar baik pertama datang dari kawasan Timur Tengah. Exchanges crypto raksasa tersebut berhasil mendapat perizinan dari Bank Sentral Bahrain untuk beroperasi sebagai penyedia layanan aset cryptocurrency di negara setempat. 

Menurut pengumuman tersebut, jika aplikasi yang diajukan pada Bahrain disetujui, itu akan menjadi perizinan regulasi pertama Binance di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.

Berita baik namun cukup mengejutkan juga datang dari Kanada. Binance dikabarkan telah mendapat lampu hijau dari negara bagian Amerika Utara tersebut.

Padahal sebelumnya, Binance telah berpamit pada para penggunanya di Ontario, provinsi bagian timur-tengah Kanada.

Alasan Binance angkat kaki adalah karena pengawasan peraturan pemerintah yang ketat. Penggemar langsung menyambut dan meramaikan kembalinya perusahaanya ke negara tersebut.

Ingin tahu penjelasannya lebih lanjut? Simak dalam artikel di bawah ini.

Lampu Hijau dari Bahrain

Menurut sang CEO Binance, Changpend Zhao, perizinan regulasi semacam ini sangat berdampak pada peningkatan adopsi massal pada cryptocurrency.

Karena ketika suatu exchanges mendapat persetujuan, kepercayaan investor pada crypto dan blockchain juga akan meningkat.

Sementara itu, Abdulkarim Haji selaku direktur perizinan di bank sentral Bahrain menyoroti lokasi negara setempat yang dinilai ideal untuk Binance jika mendirikan kantor pusatnya di wilayah tersebut.

Bahrain sendiri merupakan negara dengan perekonomian terkecil di teluk, namun berhasil menjadi yang terdepan di sektor aset digital. Bahrain bahkan telah memiliki platform aset crypto berlisensi pertama yang disebut Rain Financial.

Platform aset crypto tersebut telah menerima izin dari bank sentral negara setempat dan beroperasi sejak tahun 2019 silam.

Sementara Binance, baru-baru ini menjadi crypto exchanges pertama yang bergabung dengan “pusat crypto” yang dibuat oleh Dubai World Trade Center Authority.

Binance Mendapat Perizinan di Kanada

Binance secara mengejutkan memperoleh lisensi pembiayaan crypto di Kanada, yang tergabung sebagai Binance Canada Capital Market. Anak perusahaan baru yang menangani aset digital, transfer uang, valuta asing, serta berfungsi sebagai bisnis jasa keuangan.

Kabar ini cukup mengejutkan karena sebelumnya Binance telah berpamit kepada para penggunanya di Ontario Kanada.

Pada hari Jumat, crypto exchanges tersebut juga menerapkan FinTRAC untuk perizinan bisnis jasa keuangan yang mendapatkan persetujuan tiga hari setelahnya.

Apakah dengan masuknya Binance kembali ke Kanada, tim sudah bersiap untuk bertarung dengan regulasi yang ketat di negara tersebut? 

Baca juga: Terduga Kaki Tangan Peretas Bitfinex 2016 Ditangkap, $3,6 M dalam Bitcoin Dipulihkan

Sementara itu, pada saat penulisan lisensi keuangan pada exchanges terhitung akan kedaluwarsa pada 31 Desember 2024 mendatang.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.