Yakin Harga Naik, Simpanan ETH Miners Capai Level Tertinggi Sejak 2016

Anisa Giovanny

9th October, 2021

Jumlah Ethereum yang dipegang oleh para penambang atau miners telah mencapai level rekor dalam dolar AS tertinggi sejak 2016.

Ketika dikonversi ke USD, itu berada pada puncak bersejarah $1,85 miliar, menurut data yang disediakan oleh platform analitik Santiment.

Hal ini menunjukan bahwa para ETH miners nampak enggan menjual aset mereka dan mengharapkan kenaikan ETH lebih lanjut agar mendapatkan keuntungan lebih besar.

Sentiment menyatakan bahwa 532.750 ETH adalah saldo terbesar yang dipegang oleh para penambang sejak 13 Juli 2016.

Jumlah tersebut setara dengan sekitar 0,45% dari total pasokan Ethereum yang beredar yang saat ini 117,8 juta ETH.

Penambang biasanya menjual aset secara teratur untuk menutupi pengeluaran yang meliputi biaya listrik dan perangkat keras. Keengganan untuk menjual menunjukkan bahwa penambang bisa bertahan untuk kenaikan harga lebih lanjut.

Tingkat Hash Ethereum Tidak Capai Target

Tingkat hash Ethereum, yang sering dipandang sebagai cerminan kesehatan dan keamanan jaringan, merosot selama pengetatan penambang dari China terhadap Bitcoin.

Tingkat hash Ethereum turun menjadi 477 TH/s pada akhir Juni tetapi telah pulih sepenuhnya selama tiga bulan terakhir dan melonjak ke puncak baru, saat ini naik 150% sejak awal tahun.

Meskipun pool ETH miners yang berbasis di China keluar dari persaingan, dengan SparkPool dan BeePool yang menangguhkan operasi dalam beberapa minggu terakhir.

Uniknya, hal ini tidak terlalu berdampak penurunan tingkat hash, dan malah mencapai titik tertinggi sepanjang masa yaitu 745 terrahash per detik (TH/s) pada 5 Oktober menurut Bitinfocharts.

Cointelegraph melaporkan pada bulan September bahwa penambang Ethereum telah mulai menimbun aset setelah hard fork London pada awal Agustus.

Penelitian dari pertukaran kripto Kraken menunjukkan bahwa penambang mengharapkan kenaikan harga lebih lanjut dari properti deflasi potensial setelah peluncuran EIP-1559 yang membakar sebagian biaya transaksi.

Sejak pemutakhiran ditayangkan pada 5 Agustus, 473.120 ETH senilai sekitar $1,7 miliar telah dihancurkan menurut Ultrasound.Money.

Lebih lanjut untuk menambah tekanan pasokan, persentase besar juga telah distake pada kontrak Rantai Beacon Eth2. Sekitar 6,7% atau 7,9 juta ETH telah dikunci untuk staking menurut Eth2 explorer. Dengan harga saat ini sekitar $3.577, ini setara dengan nilai sekitar $28 miliar.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency