Sentimen Bullish Bitcoin Mulai Kembali di Investor Institusional

Anisa Giovanny

15th October, 2021

Arcane Research mengatakan bahwa aktivitas di CME menunjukkan bahwa pedagang institusional “telah kembali bullish ke Bitcoin.” September lalu Bitcoin cenderung stagnan, namun bulan ini Bitcoin menunjukan kenaikan 30%.

Setelah Bitcoin menembus dua level resistensi harga utama untuk memulai Oktober, jumlah uang dalam kontrak opsi Bitcoin bulan depa yang berarti kontrak tersebut akan berakhir paling cepat bulan ini dan mencapai “level yang tidak terlihat sejak 15 April, menunjukkan bahwa sentimen bullish sedang berkembang di antara investor institusi.

Selain itu, minat terbuka mulai bermigrasi ke Chicago Mercantile Exchange (CME), pengadopsi awal Bitcoin berjangka. Per laporan, pangsa CME dari minat terbuka global di bitcoin berjangka mencapai 17%, level tertinggi yang tercatat sejak Februari 2021.

Sentimen Bullish dengan Bitcoin

Kepala Penelitian Arcane Bendik Norheim Schei mengatakan kepada Decrypt bahwa ini menunjukkan bullish di antara pedagang institusional terutama karena CME hanya untuk institusional dan ini  sangat berbeda dari yang seperti Binance, Bybit, dan lain sebagainya.

Satu teori adalah bahwa investor institusi sedang bersiap dan “menimbun” untuk mengantisipasi ETF Bitcoin yang disetujui oleh Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS. ETF, atau dana yang diperdagangkan di bursa, adalah produk keuangan yang melacak keamanan atau sekumpulan sekuritas.

Mereka dapat diperdagangkan seperti saham dan cocok dengan rencana pensiun. ETF Bitcoin akan memungkinkan investor jalanan utama terpapar dengan mudah terhadap keuntungan (atau kerugian) BTC, sehingga meningkatkan permintaan pasar atas aset tersebut.

SEC sendiri sebelumnya menolak beberapa Bitcoin ETF selama bertahun-tahun, dan kini lembaga tersebut terlihat melunak dan memberikan sentimen positif terhadap rencana tersebut. 

Karena itu, industri dipenuhi dengan spekulasi bahwa SEC akan menyetujuinya minggu depan. Namun, ini mungkin bukan ETF Bitcoin tetapi ETF Bitcoin Futures.

“Saya pikir diskusi ETF bitcoin yang telah kita lihat akhir-akhir ini telah menarik institusi. Mungkin mereka mencoba untuk menjalankan kemungkinan keputusan minggu depan, tetapi minat pasti meningkat di antara investor institusional pada bulan Oktober,” kata Schei lagi.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency