Kontrak Futures CME Diluncurkan Besok Pagi, Begini Harga Ethereum

Naufal Muhammad

8th February, 2021

Kontrak Futures CME dari Ethereum (ETH) dikabarkan akan diluncurkan pada 8 Februari 2021 pukul 06.00 PM Eastern Time atau 9 Februari 2021 pukul 06.00 WIB.

Saat ini pasar crypto masih terpecah akibat masih kuatnya kemungkinan pergerakan naik dan turun oleh Ethereum.

Kontrak Futures CME Ethereum Diluncurkan

Dikabarkan bahwa kontrak futures ETH akan bersifat kontrak bulanan dengan penyelesaian berbasis Dolar Amerika.

Setiap kontrak akan bernilai 50 Ethereum atau sekitar Rp1,15 Miliar dengan minimal transaksi dengan ukuran lima kontrak.

Perusahaan yang berperan sebagai penyedia likuiditas kontrak futures tersebut termasuk BlockFi, Galaxy, Genesis, CoinShares, dan NYDIG.

Baca juga: Ethereum Raih Harga Tertinggi, Hati-hati Ada Potensi Koreksi

Akibat adanya peluncuran ini mayoritas pasar terbelah menjadi dua kubu.

Kubu yang dimaksud adalah yang memprediksi harga Ethereum akan jatuh dan yang memprediksi akan naik.

Penyebab Kemungkinan Jatuh

Kekhawatiran terhadap kemungkinan jatuhnya harga Ethereum berasal dari Bitcoin (BTC).

Setelah peluncuran kontrak futures BTC terjadi, Bitcoin mengalami depresiasi lebih dari 500% dalam kurun waktu sekitar 1 tahun.

Akibatnya mayoritas pasar memiliki kekhawatiran yang sama terhadap Ethereum dimana harganya diprediksi akan mengalami hal yang sama.

Baca juga: Habis ATH, Ethereum Langsung Koreksi, Saatnya Beli?

Namun kekhawatiran ini hanya didasarkan oleh pergerakan masa lalu, dan mulai banyak pihak yang mengkritik kekhawatiran berlebihan ini.

Dua pihak yang mengkritik kekhawatiran tersebut adalah Alex Kruger dan Ryan Watkins, analis, ekonomis, dan juga peneliti di bidang crypto.

Penyebab Kemungkinan Naik

Kritik tersebut disampaikan akibat masih banyaknya kemungkinan penyebab yang mendorong harga untuk naik lebih tinggi.

Hingga saat ini masih terdapat pihak yang percaya bahwa kontrak futures ini tidak akan mengganggu apresiasi dari Ethereum.

Sisi yang mendukung apresiasi Ethereum memiliki beberapa alasan mengapa Ethereum masih akan naik lebih tinggi.

Alasan pertama adalah permintaan dari investor institusional yang masih terlihat naik akibat dari pergerakan pengamanan atau hedging dari ETHE atau reksadana Ethereum.

Saat ini aliran investor baru yang juga naik di pasar crypto akibat fenomena pemberhentian Robinhood dan beberapa platform perdagangan saham lainnya terhadap beberapa saham.

Hasilnya saat ini volume transaksi Ethereum terlihat lebih tinggi secara rata-rata bersama kapitalisasi pasarnya yang juga naik.

Selain itu, saat ini pasar options juga menunjukkan bahwa investor sedang memiliki persepsi positif terhadap harga Ethereum dengan jumlah posisi beli yang lebih tinggi dari posisi jual.

Kemudian sentimen positif datang dari adanya apresiasi signifikan dari Sektor DeFi, dimana mayoritas berada di jaringan Ethereum.

Baca juga: 3 Alasan Ini Sebut Ethereum Bisa Raih Rp 28,2 Juta

Sentimen positif juga datang dari jaringan Ethereum 2.0 yang merubah ETH menjadi komoditas produktif dari sebelumnya konsumtif akibat perubahan sistem keuntungan dan biaya transaksi.

Kondisi Harga Ethereum Saat Ini

Kondisi pergerakan harga Ethereum saat ini juga memperlihatkan bahwa ETH sudah siap untuk mulai naik kembali.

Hal ini disebabkan dalam grafik pergerakan harga kurun waktu 1 Jam, ETH baru saja keluar dari zona depresiasi.

Pergerakan Harga Ethereum 1 Jam

Artinya, Ethereum baru saja mengalami breakout dan retest dengan konfirmasi candlestick hijau, yang merupakan tanda apresiasi.

Saat ini Ethereum berada di batas atas pada $1.646 yang berdekatan dengan titik 78,6% Fibonacci.

Saat ini Indikator RSI dan MACD memperlihatkan tanda apresiasi melalui pergerakannya.

Melihat awal apresiasi terjadi dari titik antara 61,8% dan 50%, umumnya terdapat tanda pergerakan yang kuat.

Tujuan selanjutnya kemungkinan akan terus naik menuju sekitar $1.710 jika beberapa batas atas berhasil dilalui.

Namun jika ternyata terkoreksi kembali, kemungkinan tujuan selanjutnya berada di sekitar $1.536 yang jika ditembus dapat meneruskan pergerakan turun.

Mengingat masih kuatnya sentimen positif dan juga sisi teknikal yang mendukung apresiasi, kemungkinan depresiasi masih terlihat kecil.

Namun jika ingin membeli Ethereum, disarankan menggunakan metode untuk manajemen risiko yang baik akibat masih adanya potensi pergerakan turun.

Saat ini Fokus utama tertuju pada peluncuran kontrak futures CME Ethereum.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.