Berita Altcoins · 6 min read

3 Sektor Kripto Ini Berpotensi Bersinar Usai ETF ETH Spot Disetujui

sektor kripto eth

ETF Ethereum spot telah resmi disetujui (23/5/24), dengan harga ETH sempat menyentuh US$3.945. Dengan pengesahan ini, adapun sektor kripto terkait Ethereum yang berpotensi akan mengalami apresiasi dalam harga.

Artikel ini membahas sektor kripto yang berpotensi terkena imbas dari persetujuan ETF Ethereum spot.

Layer-2 Ethereum

Layer-2, sebagai protokol yang berusaha untuk membantu Ethereum menjadi scalable, berpotensi besar mengalami reli setelah persetujuan ETF Ethereum spot.

Setelah Ethereum (ETH) memperlihatkan penguatan harga, terdapat peluang bahwa rotasi keuntungan akan mengalir ke token-token governance layer-2. Token-token yang termasuk dalam kategori ini antara lain: Arbitrum (ARB), Optimism (OP), dan Mantle (MNT).

etf ethereum spot layer-2
Gambar: Kumpulan proyek layer-2 Ethereum. Sumber: L2Beat.

Token lainnya yang baru diluncurkan tahun ini mungkin juga layak untuk diperhatikan seperti: Mode Network (MODE), StarkNet (STRK) dan Manta Network (MANTA).

Selain proyek layer-2 yang sudah memiliki token governance, adapun proyek layer-2 lainnya yang akan dan berpotensi memiliki token seperti: zkSync (ZK), Blast (BLAST), dan Base.

Baca juga: VanEck Proyeksi Layer-2 Ethereum akan Bernilai US$1 Triliun

Ethereum Restaking

Ethereum restaking merupakan sektor baru yang sekaligus menjadi salah satu penyumbang total nilai terkunci (TVL) terbesar pada kategori DeFi. Sektor ini berpotensi mengalami apresiasi setelah pengesahan ETF dikarenakan sebagai salah satu sumber yield tambahan bagi pemegang ETH.

EigenLayer, protokol pionir dari sektor ini menjadi protokol nomor dua terbesar dalam TVL (US$18,7 miliar), di bawah protokol liquid staking Lido. EigenLayer telah meluncurkan token EIGEN, namun belum dapat diperdagangkan hingga September 2024.

etf ethereum spot restaking
Gambar: Daftar protokol liquid restaking. Sumber: DefiLlama.

Selain itu, terdapat protokol liquid restaking yang telah meluncurkan token governance seperti Ether.fi (ETHFI) dan Renzo Protocol (REZ). Protokol lainnya yang juga akan memiliki token antara lain: Kelp DAO, Swell Network, Puffer Finance, Eigenpie dan Bedrock.

Baca juga: Sektor Liquid Restaking Memanas, TVL Tembus US$1,74 Miliar

Memecoin Ethereum

Diawali dengan Pepecoin (PEPE) yang menyentuh all time high (ATH) dalam periode yang sama dengan menguatnya ETH jelang pengesahan ETF, menunjukkan adanya kemungkinan potensi memecoin di jaringan Ethereum akan mengalami reli.

Per artikel ini ditulis (24/5/24), memecoin di jaringan Ethereum dengan kapitalisasi pasar di atas US$1 miliar antara lain: Shiba Inu (SHIB), Pepecoin (PEPE), dan Floki Inu (FLOKI).

Sementara lainnya, memecoin jaringan Ethereum dengan kapitalisasi di bawah US$1 miliar mungkin memiliki potensi kenaikan yang lebih tinggi, namun juga dengan risiko yang lebih tinggi. Memecoin tersebut antara lain: Maga (TRUMP), Mog (MOG), Apu Apustaja (APU), dan Wojak Coin (WOJAK).

Baca juga: Memecoin Ungguli Performa Bitcoin Setelah Halving

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.