Berita Regulasi · 7 min read

SEC Kembali Tolak Proposal ETF Spot Bitcoin

SEC secara resmi menolak proposal ETF Spot Bitcoin yang diajukan oleh manajer aset yang berbasis di New York, WisdomTree, setelah menunda keputusan tersebut beberapa kali di tahun ini.

Pada 2 Desember lalu, SEC menolak Cboe BZX Exchange untuk mendaftarkan dan memperdagangkan saham WisdomTree Bitcoin Trust. 

SEC menegaskan, penolakan tersebut didasari oleh pihak securitas yang belum yakin dengan BZX exchanges. SEC menilai exchanges tersebut masih belum memenuhi syarat untuk mendaftarkan produk keuangan mereka di bawah regulasi yang ditetapkan.

“Komisi menyimpulkan bahwa BZX belum memenuhi bebannya berdasarkan Exchange Act dan Aturan Praktik Komisi untuk menunjukkan bahwa proposalnya konsisten dengan persyaratan bahwa aturan bursa efek nasional ‘dirancang untuk mencegah tindakan dan praktik curang dan manipulatif. ‘ dan ‘untuk melindungi investor dan kepentingan publik,’” tulis agensi tersebut.

Bulan lalu, SEC juga menolak proposal yang diajukan perusahaan investasi VanEck untuk ETF Spot Bitcoin.

Sementara dua ETF Bitcoin futures, ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO) dan Valkyrie Bitcoin Strategy ETF (BTF), telah disetujui dan mulai diperdagangkan di Amerika Serikat pada masing-masing Oktober dan pertengahan November.

Fenomena tersebut kemudian membantu reli harga Bitcoin secara signifikan.

Baca juga: Top Trader Ramal Bitcoin Bisa Jatuh ke $38.000

Alasan Penolakan Proposal

Sejak awal mengajukan proposal, WisdomTree memang sudah melihat kinerja sekuritas yang menunda pengajuan tersebut. Pihak perusahan sudah beberapa kali mengajukan proposal yang sama di 2021, namun tidak ada satupun yang diterima.

Penolakan tersebut tidak terlihat sebagai sesuatu yang mengejutkan, karena alasannya SEC menolak proposal dari WisdomTree mirip dengan ETF Spot Bitcoin dari VanEck.

SEC selalu mempermasalahkan potensi manipulasi, penipuan, dan kurangnya regulasi yang signifikan dalam hal Bitcoin, yang sebenarnya juga bisa terjadi di instrumen lain.

Meski begitu, WisdomTree dapat mendaftarkan produk ETF-nya pada exchanges Euronext di Paris dan Amsterdam.

WisdomTree juga telah meluncurkan empat indeks cryptocurrency di Amerika Serikat dan Eropa, untuk memberikan eksposur portofolio yang terdiversifikasi kepada investor, dengan lebih dari 76 miliar dolar aset yang dikelola di dalamnya.

Sementara produk investasi, diperdagangkan di bawah ticker MEGA dan didukung oleh aset crypto raksasa, Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH).

Agensi kemungkinan akan mencapai keputusan final terkait ETF yang menawarkan eksposur ke Bitcoin dari Cryptocoin, dengan batas waktu yang diharapkan pada 24 Desember.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.