Berita Industri · 5 min read

5 Saham Web3 yang Patut Diperhatikan

saham web3 terbaik

Banyak perusahaan yang mengusung konse Web3 menarik perhatian, pun dengan sahamnya yang kini menjadi pilihan untuk masuk ke dalam portofolio investor. Berikut ini adalah beberapa saham Web3 yang menarik untuk diperhatikan.

Mengenal Web3

Sebelum mengetahui soal saham Web3, ada baiknya investor mengetahui lebih dulu oal Web3. Sederhananya, Web3 adalah kumpulan aplikasi internet terdesentralisasi yang beroperasi di jaringan blockchain publik. 

Jadi sifatnya yang desentralisasi mendukung sebagian besar jaringan yang tidak memerlukan izin, artinya siapa pun dapat berpartisipasi. Selain itu, blockchain tersebut tahan terhadap sensor, dengan demikian tidak ada yang dapat memblokir orang lain atau membatasi akses mereka ke jaringan. Selain itu, Web3 sendiri berevolusi dari Web1 dan Web2.

Layanan Web3 juga menampilkan sistem pembayaran terintegrasi yang memfasilitasi pembayaran menggunakan dompet kripto.

Revolusi Web. Sumber: M Academy.

Keterkaitan Web3 dengan Aplikasi Teknologi

Aplikasi Web3 masih dalam masa awal konseptualisasi. Namun, semakin terlihat bahwa perusahaan teknologi besar perlu berinovasi. Apalagi beberapa perusahaan teknologi telah menyatakan minat mereka pada teknologi blockchain, dan ada perusahaan lain yang bereksperimen dengan aspek-aspek seperti AI dan realitas virtual. Lebih lagi, perusahaan raksasa teknologi terus meningkatkan dan terjun ke industri Web3.

Baca Juga: TZ APAC Kenalkan 22 Proyek Web3 Baru di Tezos

5 Saham Web3 Terbaik

Seperti yang diketahui bahwa Web3 sendiri didasarkan pada desentralisasi, transparan, dan keamanan. Ketiga prinsip ini menjadikan Web3 sebagai solusi sempurna untuk alternatif investasi lainnya.

Berikut ini 5 saham yang menjadi incaran para investor dengan prospek kerjanya.

Coinbase Global, Inc (COIN)

Pertukaran kripto, Coinbase dirikan pada 2012 oleh mantan insinyur Airbnb, Brian Armstrong, dengan total hampir 90 juta pengguna. Kemudian, pada tahun-tahun berikutnya, Coinbase menjadi salah satu tempat tujuan untuk perdagangan kripto.

Langkah tersebut telah membuatnya sukses, faktanya 2020, Coinbase mencatat pendapatan tahunan lebih dari $1 miliar. Coinbase juga ikut terlibat langsung dengan mendukung banyak perusahaan blockchain yang sedang berkembang dengan membantu menjual token asli mereka.

Modal Coinbase Ventures juga telah mendukung pengembangan perusahaan blockchain seperti Solana atau BlockFi untuk membangun infrastruktur Web3.

Apple Inc (AAPL)

Jika dilihat prospek jauh ke belakang, Apple telah memimpin atau, setidaknya, bergerak seiring perkembangan teknologi. Apalagi pada 2021, Forbes mencatat Apple sebagai perusahaan Amerika paling sukses. Selain itu, Apple perusahaan pertama yang bernilai $1 triliun Apple juga mengklaim dukungannya terhadap teknologi blockchain. .

Baca Juga: Bos Apple Ungkap Pegang Cryptocurrency

International Business Machines Corporation (IBM)

IBM didirikan sejak 1911 dan menjadi merek komputer paling terkenal di dunia. IBM masih merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia, di samping Microsoft, Amazon, dan Google. Keterlibatannya dalam web 3.0 sepertinya sudah pasti, karena perusahaan masih memiliki rencana untuk integrasi Web3.

NVIDIA Corporation (NVDA)

Nvidia didirikan pada tahun 1993 dan dikenal karena mengembangkan teknologi chipset inovatifnya. Misalnya seperti  memproduksi Graphics Processing Units (GPU) yang digunakan oleh para gamer di seluruh dunia baik berupa konsol maupun komputer.

Teknologi Nvidia difokuskan untuk mendukung masa depan Web3. Misalnya, chipnya membantu penambang kripto untuk menyediakan tugas-tugas penting yang menjalankan jaringan blockchain. Apalagi perusahaan sekarang mengembangkan chip AI canggih yang menjalankan aplikasi dan platform baru.

Unity Software Inc. (U)

Teknologi Unity Software didirikan pada 2004 di Denmark. Perusahaan kemudian pindah ke San Francisco dan menjadi salah satu nama paling penting dalam industri video game. Ini sebagian besar disebabkan oleh Unity, mesin game berlisensi mereka. Banyak video game dan aplikasi terpopuler di dunia menggunakannya. 

Selepas itu, pada tahun 2018, Unity Software mengumumkan rencananya untuk melakukan ekspansi secara agresif. Ini berarti bahwa mereka telah menginvestasikan sejumlah besar uang dalam mengembangkan aplikasi untuk platform dan konsol baru. M

ereka juga mengalihkan perhatian mereka ke realitas virtual dan sangat tertarik dengan Web3, khususnya dengan industri Metaverse. Karena itu Unity diprediksi akan menjadi pemain penting di Web3 gaming, karena perusahaan dapat menyediakan alat pengembangan nantinya. 

Jika dilihat secara keseluruhan ada banyak peluang berinvestasi di saham Web3 dan layak dipertimbangkan dengan kemajuan teknologi di masa depan. 

*Disclaimer

Artikel ini hanya berupa informasi dan edukasi soal saham perusahaan yang mengusung atau memfokuskan pengembangannya ke Web3. Artikel ini bukan ajakan untuk investasi atau trading. Semua keputusan investasi ada di tangan individu dengan mengetahui risiko yang ada.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.