Berita Altcoins · 7 min read

Roadmap Ethereum dan Prediksi Harga ETH 2023

Roadmap dan harga ETH 2023

Di 2022, Ethereum melakukan pencapaian luar biasa melalui The Merge, [roses perpindahan dari mekanisme Proof of Work ke Proof of Stake itu menjadi topik hangat di industri.

Setelah The Merge, banyak pasang mata yang memperhatikan perkembangan Ethereum di masa depan, Ethereum Foundation pun telah merilis peta jalan atau roadmap proyek Ethereum untuk 2023 sebagai langkah untuk membuat blockchain Ethereum lebih baik dan bisa diandalkan.

Apa saja pembaruan yang akan dibawa Ethereum dan bagaimana prediksi harga ETH di 2023? Berikut ulasannya.

Shanghai Upgrade

Pada upgrade ini, developer Ethereum menjalankan EIP-4895 yang memungkinkan validator yang melakukan staking ETH2.0 dapat menarik (withdraw) ETH dan imbal hasil staking. Shanghai Upgrade rencananya akan dijalankan pada Maret 2023.

Perlu diketahui, beacon chain diluncurkan pada 1 Desember 2020 sekaligus dengan smart contract untuk deposit staking ETH2.0. 

Ketika validator melakukan staking ETH2.0 maka ETH yang mereka miliki akan terkunci pada smart contract dan tidak dapat ditarik hingga Shanghai Upgrade dijalankan.  Lebih dari 14 juta ETH atau sekitar $2 miliar (Rp31 triliun) yang terkunci pada smart contract.

Ada hal yang perlu diketahui pada upgrade ini:

  • Demi keamanan jaringan, hanya 6 validator per 6,4 menit yang dapat menarik ETH. Jadi jika rata-rata ETH yang distaking adalah 32 ETH (staking minimal), maka akan ada 43.200 ETH yang keluar per hari dari 14 juta lebih ETH yang distaking (0,3% dari total).
  • Pengguna Ether (stETH) dapat menarik dana mereka bersama dengan hasil rewards staking apa pun yang berlaku untuk memvalidasi transaksi jaringan setelah pemutakhiran Shanghai. 

Baca juga: The Merge Sukses! Sejarah Baru di Crypto Tercipta

Proto Danksharding (EIP-4844)

Ethereum Improvement Protocol (EIP-4844) diimplementasikan pada upgrade Proto Danksharding, yang rencananya akan di upgrade pada Mei atau Juni 2023.

Inti dari EIP ini adalah memperkenalkan tipe data baru yaitu blob untuk mengefisienkan data transaksi dan meningkatkan skalabilitas Layer-2 sehingga gas fee lebih murah (pada Layer-2).

Perlu ditegaskan bahwa upgrade ini berfokus pada Layer-2, gas fee pada Layer-1 atau jaringan utama Ethereum tidak mengalami perubahan setelah upgrade ini.

Namun, pembaruan ini tampaknya menjadi salah satu alasan mengapa validator di jaringan ETH terus menunjukkan dukungan untuk Ethereum.

Jumlah validator ETH per 15 Desember 2022.
Jumlah validator ETH per 15 Desember 2022.

Dari gambar di atas, terlihat bahwa jumlah validator di jaringan ETH terus bertambah, yang terhitung bertumbuh sebesar 4,53% dalam 30 hari terakhir.

Di samping itu, aktivitas di Ethereum juga terlihat meningkat. Menurut data yang diberikan oleh glassnode, jumlah transfer naik hingga mencapai 24.000 transaksi tertinggi dalam 4 bulan.

Address pemegang ETH. Sumber: Glassnode.
Address pemegang ETH. Sumber: Glassnode.

Baca juga: The Merge Ethereum, Era Baru Pengenalan Teknologi Sharding

Prediksi Harga Ethereum di Tahun 2023

Pada saat penulisan, harga ETH diperdagangkan senilai $1,220 pukul 13.44 WIB dengan total kapitalisasi pasar $147 miliar, berdasarkan data CoinMarketCap. 

Meskipun kondisi bear market masih menghantui harga ETH, namun para analis tetap optimis pada prospek harga ETH di tahun 2023 mendatang. 

Ahli strategi komoditas Bloomberg, Mike McGlone memperkirakan bahwa Ethereum dapat mengalami lonjakan harga pada tahun 2023.

Ia mengatakan bahwa aset digital nantinya akan diaplikasikan dalam banyak sektor, dan bank tradisional tidak bisa menghentikan pertumbuhan aset digital. 

“Sulit untuk menghentikan kemajuan teknologi ini, token yang tidak dapat dipertukarkan dan pertukaran terdesentralisasi adalah kemajuan tambahan yang dimungkinkan oleh Ethereum, ”dalam keterangan tertulis McGlone, dilansir dari Watcher.Guru.

McGlone tidak mengungkapkan seberapa tinggi ETH bisa naik pada tahun 2023 tetapi memperkirakan harganya bisa melonjak tahun depan.

Hal menariknya, McGlone juga mencatat bahwa teknologi Ethereum memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan dolar digital dengan cepat dan murah.

Sementara itu, Changelly telah melakukan analisis menggunakan harga ETH pada tahun-tahun sebelumnya, diasumsikan bahwa pada tahun 2023, harga minimum Ethereum akan menjadi sekitar $1.918,72. Harga ETH maksimum yang diharapkan mungkin sekitar $2.320,32. Rata-rata, harga perdagangan mungkin $1.974,13 pada tahun 2023.

Ingin tahu outlook Ethereum dan kripto secara menyeluruh di 2023? Daftarkan diri kamu di Crypto Investor Outlook 2023 sekarang!

Baca Juga: 8 Prediksi Kripto dan Harga Bitcoin 2023 dari Para Analis!


Disclaimer: Artikel ini hanya berupa informasi dan bukan saran investasi, semua keputusan investasi ada di tangan pembaca dengan mengetahui segala risiko dan keuntungan yang ada.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.