Meme Coin · 6 min read

Riset Ungkap Investasi Meme Coin Berisiko Tinggi

Tren meme coin yang sedang berkembang saat ini telah menjadikannya salah satu pilihan investasi kripto yang banyak diminati.

Namun, Coin Metrics baru-baru ini memberikan peringatan tentang tingginya risiko investasi pada meme coin karena tingginya volatilitas dan potensi manipulasi pasar.

Menurut laporan Coin Metrics pada Selasa (11/6/2024), meme coin diberi skor risiko tinggi, yang ditandai dengan koefisien Gini yang mencapai sekitar 0,8.

Koefisien Gini adalah ukuran statistik ketidaksetaraan ekonomi dalam suatu populasi, di mana Gini 0 menunjukkan kesetaraan sempurna dan Gini 1 menunjukkan ketidaksetaraan total. Dalam konteks meme coin, koefisien Gini digunakan untuk menilai distribusi kepemilikan token di antara alamat-alamat yang berbeda.

Koefisien Gini dari meme coin populer. Sumber: Coin Metrics

Evaluasi Coin Metrics dengan koefisien Gini sebesar 0,8 menyoroti risiko investasi yang tinggi terkait dengan mata uang kripto ini. Laporan tersebut mengaitkan peningkatan risiko meme coin terutama dengan konsentrasi kepemilikan token yang tinggi di pasar meme coin.

Baca juga: Alokasi Meme Coin oleh Institusi Naik 300%, Ini yang Jadi Favorit!

Potensi Risiko Likuiditas dan Manipulasi Pasar

Coin Metrics menyoroti bahwa investor besar atau whale dapat secara signifikan mempengaruhi harga token dengan membeli atau menjual dalam jumlah besar sekaligus, yang dapat menciptakan volatilitas.

Adapun jika beberapa alamat memiliki sebagian besar token, hal ini dapat menyebabkan masalah likuiditas yang diperburuk oleh konsentrasi penyediaan likuiditas oleh beberapa entitas di exchange terdesentralisasi (DEX).

Koefisien Gini yang tinggi juga menyoroti sentralisasi kepemilikan token yang sebenarnya. Sentralisasi ini menimbulkan berbagai risiko, termasuk potensi manipulasi pasar.

“Sebelum mempertimbangkan investasi apa pun di sektor meme coin, memahami dinamika ini sangat penting untuk menilai stabilitas dan potensi risiko yang terkait dengan aset digital ini,” kata Coin Metrics.

Baca juga: Influencer Andrew Tate Borong Meme Coin di Solana Senilai Rp16 Miliar!

Perkembangan Pasar Meme Coin

Sektor meme coin telah berkembang pesat hingga mencatat total kapitalisasi pasar senilai US$60 miliar pada Juni 2024. Pertumbuhan sektor ini didorong oleh sifatnya yang sangat spekulatif, sebagian besar dipengaruhi oleh sentimen pasar daripada nilai intrinsik.

Pada Maret 2024, meme coin mencatat volume perdagangan spot sebesar US$13 miliar (rata-rata 7 hari) di seluruh exchange terpusat (CEX), bahkan melampaui aset utama seperti Ethereum (ETH) dan Solana (SOL). 

Grafik volume perdagangan MemeCoin selama dua tahun terakhir. Sumber: Coin Metrics

Meme coin dicirikan oleh mata uang kripto yang mewakili hewan, karakter, dan tokoh politik yang sudah dikenal, dengan elemen humor untuk menarik perhatian dan mendorong keterlibatan yang digerakkan oleh komunitas. 

Beberapa mata uang kripto berbasis meme yang paling bernilai saat ini adalah Dogecoin (DOGE), Shiba Inu (SHIB), dan Pepe (PEPE). Menurut data CoinMarketCap, kapitalisasi pasar DOGE dan SHIB masing-masing mencapai US$20 miliar dan US$12 miliar, sementara PEPE mencatat kapitalisasi pasar hingga US$5 miliar.

Baca juga: Harga PEPE Melonjak, 96% Pemegang Token Raup Keuntungan

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.