Berita Altcoins · 5 min read

Saat Ini Regulasi Stablecoin Jadi Fokus Tertinggi FED

Ketua Federal Reserve (FED) Jerome Powell mengatakan dalam webinar, bahwa memberikan “jawaban regulasi” untuk stablecoin adalah “fokus tingkat tinggi” bagi bank sentral.

Webinar diselenggarakan oleh Yahoo Finance, dan pada dasarnya merupakan wawancara yang dilakukan oleh ekonom Princeton, Markus Brunnermeier.

“Kami sangat fokus… pada jawaban regulasi potensial untuk stablecoin global, khususnya. Jadi itu telah menjadi fokus dan prioritas tingkat tinggi,” kata Powell.

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde ternyata memiliki pandangan serupa. November lalu, dia menerbitkan op-ed yang memperingatkan bahwa stablecoin, jika diadopsi secara luas, dapat “mengancam stabilitas keuangan dan kedaulatan moneter” di seluruh dunia. Badan keuangan global lainnya, seperti forum internasional G7 dan G20, telah menyatakan keprihatinan serupa.

Powell tidak menjelaskan secara rinci tentang bagaimana tepatnya rencana The Fed untuk mendekati stablecoin di masa mendatang, tetapi nadanya menunjukkan bahwa mata uang digital pribadi semacam ini berada di radar  dan pengawasan bank.

Tanggapan Ketua FED Soal CBDC

Mengenai CBDC, Brunnermeier bertanya kepada Powell apakah dia tertarik untuk menunggu bagaimana kinerjanya di negara-negara kecil terlebih dahulu, sebelum bereksperimen dengan versi digital dolar AS.

 “Karena kami adalah mata uang cadangan dunia, kami benar-benar berpikir kami perlu melakukan ini dengan benar, dan kami tidak merasa terdesak atau perlu menjadi yang pertama,” katanya.

China saat ini sedang terburu-buru membangun CBDC-nya sendiri, dan Korea Selatan, Thailand, Jepang, dan Prancis sedang menjajaki opsi mereka.

Baca juga: Fed Atur Strategi Terkait Inflasi, Saatnya Bitcoin Bersinar

Stablecoin Dianggap Berisiko

Sebelumnya stablecoin memang sudah jadi perhatian beragam bank sentral karena dianggap bisa memberikan risiko untuk kebijakan moneter. Kekhawatiran ini sempat dijelaskan oleh Europeran Central Bank atau ECB.

Mereka berpendapat  bahwa stablecoin dapat mempersulit penerapan suku bunga negatif. ECB mengatakan akan sulit bagi stablecoin untuk mempertahankan suku bunga nol tanpa mengenakan biaya atau mensubsidi dengan cara lain.

Risiko berikutnya adalah stablecoin dapat mengurangi biaya bank dan pendapatan komisi. Jika stablecoin menjadi penyimpan nilai, bank perlu beralih ke deposito yang lebih mahal. Dan manajemen agunan dapat mempengaruhi fungsi pasar uang.

Baca juga: Hati-hati Pencucian Uang, AS Peringatkan Stablecoin Agar Tak Salah Digunakan

Pelarian pada stablecoin akan menyebabkan masalah bagi bank tempat cadangan disimpan. Namun, ia memiliki akses ke dana bank sentral. Namun jika beberapa agunan diinvestasikan di tempat lain, entitas lain yang menerbitkan agunan tersebut tidak memiliki akses yang sama.

Penetapan harga aset yang digunakan sebagai jaminan untuk cadangan stablecoin dapat terpengaruh. Itu terutama terjadi pada penyimpanan stablecoin bernilai karena skalanya akan lebih besar.

Kemudian, sifat global stablecoin dapat menghasilkan ranjau regulasi. Itu hanya menjadi masalah di mana ada konflik atau kegagalan.

Selanjutnya, ECB mengeksplorasi dampak stablecoin di pasar pembayaran ritel saat ini. Ini memiliki kekhawatiran tentang meningkatnya ketergantungan pada pemain global untuk infrastruktur pembayaran.

Di sisi lain, jika ada banyak stablecoin, hal itu mengkhawatirkan fragmentasi di kawasan Euro dibandingkan dengan dukungan pan Eropa saat ini untuk pembayaran SEPA.

Meskipun mengidentifikasi sejumlah besar risiko yang akan diambil tindakan untuk mengatasinya, ECB menyatakan keinginan untuk memungkinkan “inisiatif sektor swasta untuk secara aman mengekstrak nilai paling banyak dari inovasi teknologi, untuk kepentingan berbagai pengguna.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.