Riset · 7 min read

5 Proyek Ekosistem TON yang Layak Diperhatikan Tahun 2024

Proyek TON Telegram

The Open Network (TON) berhasil menarik perhatian para pengembang untuk membangun aplikasi di jaringan tersebut. Hal ini membuat jaringan tersebut diminati oleh para investor. Dalam artikel ini, Coinvestasi akan membahas proyek-proyek teratas yang perlu kamu perhatikan pada 2024 di blockchain TON.

Baca juga: 7 Game Telegram Potensial Airdrop di Jaringan TON

DeDust

DeDust adalah decentralized exchange (DEX) yang beroperasi di atas jaringan TON. Platform ini tidak hanya menawarkan kemampuan untuk menukar token dengan biaya rendah dan transaksi cepat, tetapi juga menyediakan fitur unik seperti konversi dust kripto, yakni sisa-sisa kecil dari kripto yang sering kali sulit digunakan.

TON dedust
Gambar: Tampilan DeDust. Sumber: DeDust.

DEX ini memiliki tampilan sederhana sehingga mudah digunakan. Selain itu, DeDust juga memiliki fitur staking yang membuat penggunannya berpeluang untuk mendapatkan imbalan lebih tinggi.

DeDust layak untuk diperhatikan sebab beroperasi di ekosistem TON, yang terkenal dengan kecepatan transaksi dan biaya rendah, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan perdagangan dengan efisien.

STON.fi

STON.fi adalah salah satu platform DeFi utama di ekosistem TON yang menawarkan Automated Market Maker (AMM) DEX. Dengan fitur seperti yield farmingliquidity provision, serta staking, STON.fi menjadi salah satu pusat likuiditas yang mendukung pertumbuhan ekosistem TON.

TON stonfi
Gambar: Tampilan STON.fi. Sumber: STON.fi.

Keunggulan lain dari STON.fi adalah kemampuannya untuk menangani transaksi dalam jumlah besar dengan slippage yang sangat rendah, berkat arsitektur sharding dari TON.

STON.fi layak diperhatikan karena platform ini tidak hanya menawarkan berbagai layanan DeFi yang menarik, tetapi juga karena pengembangannya yang didukung penuh oleh komunitas. Dengan biaya transaksi yang sangat rendah dan antarmuka yang mudah digunakan, STON.fi berpotensi memperluas adopsi DeFi di ekosistem TON​.

Baca juga: Apa Itu DeFi? (Pahami DeFi dalam Waktu 3 Menit!)

Tonstakers

Tonstakers adalah platform liquid staking terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk staking token TON mereka dan mendapatkan token derivatif tsTON. Token tsTON ini dapat digunakan kembali di berbagai platform DeFi lain sambil tetap menghasilkan imbalan staking.

TON tonstakers
Gambar: Tampilan Tonstakers. Sumber: Tonstakers.

Platform ini menjadi sangat populer di kalangan pengguna TON karena fleksibilitas dan likuiditas yang ditawarkannya, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah masuk dan keluar dari staking pool tanpa waktu penguncian.

Tonstakers berpotensi besar di tahun 2024 karena liquid staking semakin diminati di kalangan komunitas kripto. Pengguna tidak hanya mendapatkan imbalan staking, tetapi juga dapat memanfaatkan tsTON di berbagai platform DeFi lainnya sehingga dapat memberikan keuntungan ganda.

Baca juga: Sanctum, Merevolusi Liquid Staking di Solana

Notcoin

Notcoin adalah salah satu game tap-to-earn pertama yang diluncurkan di ekosistem TON dan berhasil menarik jutaan pengguna dalam waktu singkat. Di dalam permainan ini, pengguna dapat mengumpulkan token Notcoin dengan melakukan tugas-tugas sederhana, seperti mengklik layar dan mengajak teman bergabung. Sejak diluncurkan, Notcoin telah menjadi viral dan bahkan mendapatkan dukungan dari TON Foundation.

Notcoin layak diperhatikan karena potensi pertumbuhan komunitas yang sangat besar. Didukung dengan basis pengguna yang terus berkembang, Notcoin bukan hanya sekedar game, tetapi juga alat yang efektif untuk mengakuisisi dan mengedukasi pengguna baru di ekosistem TON. Pengenalan fitur baru dan integrasi yang lebih dalam dengan ekosistem TON di masa mendatang juga menjanjikan pengembangan yang signifikan.

Baca juga: Mengenal Notcoin (NOT), GameFi di Jaringan TON

Real Dog House

Real Dog House adalah game berbasis komunitas di Telegram yang menggunakan token DOGS sebagai aset kripto utama dalam permainan.

Pemain dapat mengumpulkan DOGS dengan menyelesaikan berbagai tantangan dan berpartisipasi dalam acara interaktif di dalam game. Pada tanggal 20 Agustus 2024 mendatang, DOGS akan resmi terdaftar di tiga exchange kripto besar, yakni: ByBit, OKX, dan Gate.io.

TON dogs
Gambar: Dukungan wallet native Telegram terhadap token DOGS. Sumber: X.

Spekulasi bahwa DOGS mungkin mendapatkan fitur-fitur baru atau integrasi lebih dalam dengan ekosistem Telegram menambah daya tarik proyek ini untuk diperhatikan perkembangannya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.