7 Proyek Crypto Terkemuka di Blockchain Tezos

Anisa Giovanny

9th August, 2022

Sebagai blockchain yang ramah lingkungan, Tezos seringkali dipilih oleh berbagai proyek crypto untuk dijadikan “tempat” bernaung dan sebagai pondasi untuk membuat proyek crypto berkualitas.

Dengan kegunaan yang cukup kuat ada beberapa proyek crypto yang memilih untuk menggunakan blockchain Tezos. Apa saja itu? Berikut ini daftar proyek teratas di blockchain Tezos di Asia saat ini. 

TwiTz

Tweet-tweet penting dapat dengan cepat dan mudah diabadikan di blockchain Tezos sebagai NFT dengan aplikasi TwiTz. TwiTz dipimpin oleh Soumya Ghosh Dastidar, yang menerima Tezos India Fellowship.

Minting NFT dengan TwiTz ini cukup mudah, cukup membalas tweet dengan menyebutkan @twitznft dan nama pengguna Twitter yang terhubung, atau alamat  domain Tezos.

Hanya pembuat tweet yang dapat mengklaim kepemilikan NFT, tetapi pengguna lain dapat ‘menghadiahkan’ tweet yang dicetak kepada penulis aslinya. Tweet yang dicetak ditambahkan ke pasar Objkt.com.

Game Geeks

Game Geeks bercita-cita menjadi rumah bagi game blockchain. Didukung oleh blockchain Tezos, Game Geeks menyediakan pasar yang dinamis di mana pengguna dapat bermain game, bertaruh dan menang pada token asli platform, memperoleh NFT dan aset dalam game, dan bersaing untuk mendapatkan pengakuan dan hadiah melalui papan peringkat publik.

game geeks
game geeks

Pendiri Sanket Nighot mengatakan platform tersebut diluncurkan pada 30 Juni 2022, dimulai dengan pendaftar program beta dan distribusi NFT loyalitas gratis.

Dia mengembangkan Game Geeks dengan dukungan Tezos India Fellowship dan mengatakan itu adalah blockchain yang ideal untuk membangun Dapps yang hebat.

“Tingkat transaksi yang lebih cepat, pengurangan biaya gas, komunitas pendukung yang hebat, pakar, dan mentor ini adalah beberapa hal terbaik tentang blockchain Tezos,” kata Nighot.

Salamax Cutie

Salamax Cutie memberikan dukungan nyata bagi seniman pertunjukan Filipina untuk mencetak seni NFT di blockchain Tezos muncul dari Titik Poetry, sebuah kolektif seni yang berbasis di Filipina yang mempromosikan puisi sebagai karier dan dampak sosial.

Jake Cezar, seorang seniman dan anggota inti Salamax Cutie, mengatakan inisiatif itu tumbuh secara organik setelah rekan seniman Jarrett Cross membantunya membuat Temple wallet dan mengiriminya 1 tez untuk mencetak karya seninya.

Akhirnya, Cezar membayar inisiatif itu dengan membagikan sebuah tez dengan artis lain, yang melakukan hal yang sama dan akhirnya menciptakan sebuah gerakan yang disebut #1tezledtoanother yang menghasilkan seluruh kumpulan penyair yang tergabung dalam blockchain Tezos.

“Pada dasarnya, #1tezledtoanother mengirimkan tez ke artis lain untuk memulai perjalanan mereka ke NFT yang semoga, segera dapat membantu mempertahankan seni mereka dan nanti, dapat membantu orang lain juga,” kata Cezar. Salamax Cutie juga membantu seniman menavigasi pasar NFT dan meningkatkan pengetahuan mereka melalui AMA, seminar, lokakarya, dan acara.

Dataverse

Dataverse adalah ‘Robin Hood’ yang dideskripsikan sendiri untuk pengguna metaverse. Dataverse mencoba membebaskan orang dari monopoli perusahaan Internet melalui sistem folder pribadi yang aman di Web3, di mana pengguna dapat melindungi identitas kedaulatan mereka, dan mengatur dan mengakses data mereka sendiri.

Ruang data terenkripsi Dataverse memungkinkan pengguna mengelola aset metaverse lintas rantai termasuk NFT, POAP, profil pengguna, preferensi, dan konten web2.

Xanadu oleh MinistryXR

Dijuluki sebagai ‘kota hiburan’, Xanadu menggabungkan augmented reality dan virtual reality, media sosial, game online, NFT, dan kripto dalam lingkungan digital yang nyata di mana pengguna dapat berinteraksi melalui avatar yang semuanya dapat diakses menggunakan browser web.

Xandu
Xandu

Pengguna dapat memberikan konser virtual yang imersif; merek dapat menjalankan balai kota virtual atau toko ritel; dan seniman dapat memanfaatkan blockchain Tezos untuk membuat, menampilkan, dan menjual karya seni NFT dalam penelusuran 360 derajat dalam Xanadu. 

NextID

Perusahaan yang berbasis di Singapura, NextID, menyederhanakan upaya untuk menghasilkan sertifikat berbasis blockchain berkualitas tinggi.

Dengan manfaat yang jelas untuk sektor-sektor seperti akademisi, e-learning, pemerintah, dan manajemen SDM, aplikasi NextCertTM perusahaan mengeluarkan kredensial yang dapat diverifikasi dan bebas gangguan yang dapat digunakan untuk mengautentikasi dokumen, kualifikasi, penghargaan, dan karya seni.

Melalui hibah Tezos Foundation, NextID sekarang sedang mengerjakan integrasi dengan blockchain Tezos. CEO Bill Claxton berkata, “Kami merasa bahwa mendukung blockchain yang dihormati secara internasional dengan waktu konfirmasi yang cepat dan biaya gas yang rendah akan sangat membantu pelanggan kami.”

SweatyNFT

SweatyNFT adalah perangkat tanpa kode yang menyederhanakan pembuatan NFT seni generatif. Seniman dapat menghasilkan hingga 10.000 karya seni unik yang dibuat secara acak dan meluncurkan koleksi mereka melalui pasar di beberapa blockchain.

Tim proyek menerima Hibah Pertumbuhan Ekosistem Tezos untuk mengembangkan integrasi dengan blockchain Tezos, membuat pencetakan NFT lebih mudah diakses oleh komunitas seninya yang berkembang.

Salah satu pendiri Sarisa Kojima, artis NFT Thailand-Jepang, menjalankan misinya untuk memberdayakan seniman yang kurang paham teknologi dan mendukung Ekonomi Kreator dengan membangun SweatyNFT.

“Sebagai seniman individu dan orang yang benar-benar menyukai Tezos, saya berharap dapat berkolaborasi dan menumbuhkan ekosistem sebanyak mungkin. Saya melihat banyak ruang untuk memenuhi ini di blockchain Tezos.”

Baca juga: SweatyNFT Rilis Fitur Baru


Itu dia beberapa proyek crypto yang memilih menggunakan blockchain Tezos, selain proyek tersebut blockchain ini juga menjadi pilihan bagi proyek crypto dengan spesialisasi NFT, selengkapnya dapat di temukan di artikel 10 Proyek NFT Ramah Lingkungan di Blockchain Tezos

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency