Berita NFT · 5 min read

Promosikan NFTFi, CoinEx Bagikan Hadiah Hingga 5.000 USDT!

Acara NFTFI Coinex

NFTFi menciptakan ekosistem transaksi NFT yang lebih likuid di sektor DeFi dan memberikan manfaat lebih bagi para pemiliki NFT. Ekosistem ini encakup market dan aggregator NFT, pinjaman, persewaan, derivatif, fragmentasi, dan oracle.

Untuk mengenalkan NFTFi, exchange kripto CoinEx pun telah menyediakan token-token NFTFi, salah satunya adalah BLUR yang menarik perhatian karena jadi pesaing ketat OpenSea.

CoinEx juga memberikan acara promosi khusus NFTFi, bertajuk bergabung dengan peringkat volume perdagangan, yang berhadiah hingga 5.000 USDT. Acara ini dimulai dari 16 Februari hingga 22 Februari 2023 (UTC).

Ikuti acara trading CoinEx di sini.

Mengenal Kategori NFTFi

Market NFT dan agregator

Market NFT dianggap sebagai inti dari seluruh ekosistem NFT. Dengan market NFT, pengguna dapat mendaftarkan NFT mereka atau membeli NFT dari orang lain kapan saja.

Saat ini, marketplace NFT yang sedang tren termasuk OpenSea, Rarible, LooksRare, dan X2Y2. Ada beberapa marketplace NFT yang memiliki token dan dapat kamu peroleh di CoinEX, daftarnya dapat kamu temukan pada gambar di bawah.

Token dari NFT Marketplace. Sumber: CoinEx

Selain market terpusat, beberapa proyek terdesentralisasi bekerja untuk mengatasi likuiditas NFT yang buruk. Misalnya, Sudoswap memperkenalkan mekanisme AMM DEX ke market NFT.

Hal ini memungkinkan pengguna menyediakan likuiditas dan keuntungan dari harga instan melalui pencocokan perdagangan di Sudoswap, yang mengatasi masalah likuiditas di market NFT terdesentralisasi.

Metode tersebut lebih cocok untuk peringkat proyek NFT di market menengah atau bawah karena mekanisme AMM menghilangkan perbedaan kelangkaan.

Beberapa agregator yang tersedia adalah Blur, yang menggabungkan OpenSea, LooksRare, dan X2Y2, memungkinkan pedagang dengan cepat menyisir statistik penting dari NFT yang relevan hanya pada satu platform.

图形用户界面, 文本

描述已自动生成
Tampilan Blur

Pinjaman NFT

Pinjaman NFT telah muncul sebagai bagian penting dari kategori NFTFi. Banyak pemegang NFT berharap mendapatkan likuiditas sementara tanpa menjual aset mereka, yang menyebabkan meningkatnya permintaan pinjaman NFT. Saat ini, pinjaman NFT terutama mencakup dua model: Peer-to-Peer dan Peer-to-Pool.

Banyak platform pinjaman NFT telah memanfaatkan model pinjaman menggunakan pendekatan Peer-to-Pool, di mana protokolnya cocok dengan kedua belah pihak dan membuat keputusan atas nama pemberi pinjaman.

Pendekatan ini lebih efisien dan memungkinkan pencocokan cepat tetapi tidak memiliki efisiensi modal dan tunduk pada spread suku bunga yang signifikan.

Baca juga: Yuk! Mengenal Apa itu NFT

Penyewaan NFT

Tahun lalu, Ethereum menyetujui standar smart contract ERC-4907, yang memperkenalkan konsep “kedaluwarsa” untuk memungkinkan penyewaan NFT tanpa agunan melalui kontrak.

Sejak rilis ERC-4907, penyewaan tanpa agunan telah menjadi pendekatan utama di market persewaan NFT, menggantikan persewaan dengan jaminan konvensional, dan sebagian besar platform termasuk reNFT telah mengadopsi persewaan tanpa jaminan.

Baca juga: Prediksi NFT di 2023, Ada Apa Saja?

Deivatif NFT

Di sektor keuangan, derivatif adalah produk yang sangat diperlukan, dan eksperimen NFTFi dengan derivatif juga menarik perhatian market. Banyak platform bekerja pada masa depan dan opsi berbasis NFT, meskipun kurang populer.

Misalnya, nftperp menyediakan kontrak futures NFT, memungkinkan investor untuk membeli atau menjual NFT, sementara NiftyOption menawarkan opsi NFT.

Saat ini, market derivatif NFT masih dalam tahap awal, namun seiring peningkatan produk yang relevan, investor akan dapat menggunakan lindung nilai terhadap perubahan harga di market NFT melalui berbagai strategi.

Fragmentasi NFT

Karena NFT tidak dapat dipisahkan, NFT blue-chip seperti BAYC dan CryptoPunks sangat mahal, sehingga menjadi tantangan bagi investor ritel untuk bergabung dalam permainan ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak proyek mengeksplorasi fragmentasi NFT, yaitu, membagi NFT menjadi beberapa fragmen yang dapat dibeli dan dibagikan oleh investor.

Oracle NFT

Menangkap harga NFT secara akurat selalu menjadi salah satu tantangan terbesar di market NFT karena harga memengaruhi berbagai operasi, termasuk peminjaman dan likuidasi. Sehubungan dengan itu, oracle NFT diluncurkan untuk mengatasi masalah penilaian NFT.

Misalnya, oracle Abacus menggunakan mekanisme penetapan harga insentif sejawat dan penilaian likuiditas Abacus Spot untuk menyediakan layanan penetapan harga NFT, yang secara akurat menangkap nilai NFT.


NFTFi adalah bagian penting dari marketNFT, dan segmen NFT berjuang untuk tujuan bersama: mencapai sirkulasi NFT skala besar dan membuatnya lebih mudah diakses.

Saat ini, banyak proyek NFTFi masih dalam tahap awal dan mungkin menghadirkan inovasi mengesankan yang akan mengarah pada pertumbuhan eksponensial market NFT.

Baca juga: Perdana Menteri Jepang Dukung NFT untuk Dua Program Ini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.