Popula Menyimpan Berita di Platform Blockchain Ethereum

Aulia Medina

31st December, 2018

Popula yang merupakan web berlangganan, publikasi milik jurnalis, dikelola oleh jurnalis, dan bebas iklan ini, telah membuat sejarah dengan menyediakan artikel berita yang sepenuhnya disimpan pertama kali pada platform blockchain. Awal minggu ini, Maria Bustillos, editor Popula yang merupakan seorang jurnalis, mengumumkan penempatan artikel yang dipublikasikan di situs web kini telah disimpan ledger.

Menurut laporan tersebut, artikel yang awalnya diterbitkan di majalah Death + Taxes, disimpan seluruhnya di blockchain Ethereum, dan hashnya disimpan pada protokol IPFS. Dengan ini, diharapkan artikel tersebut akan tetap berada di blockchain selamanya. Atau selama blockchain Ethereum dan protokol IFPS terus ada. Penyimpanan artikel dilakukan dengan bantuan para insinyur dari startup sipil berbasis-blockchain, salah satu pendukung paling awal Popula.

Baca Juga: Diskusi Bersama Market Expert di Kopdar!

Munculnya Ide

Bustillos, yang mengungkapkan jika idenya itu sudah ada sejak 2012 ketika ia pertama kali melakukan kontak dengan teknologi blockchain, mencatat bahwa tujuan dari proyek ini adalah untuk memastikan kelestarian artikel-artikel tersebut. Dengan pemahaman tentang cara kerja blockchain dan banyak keuntungannya, ia dapat memahami gagasan tersebut, yang sekarang akhirnya telah terwujud. Wartawan tersebut juga mengatakan bahwa sejak awal bekerja dengan blockchain, dia selalu percaya bahwa teknologi itu mampu membawa dunia yang benar-benar terdesentralisasi dan menghasilkan catatan yang tidak bisa diubah dan yang integritasnya tidak mudah rusak.

Namun, dia juga mengakui bahwa dia tidak pernah benar-benar tahu bahwa teknologi ini dapat digunakan sebagai media untuk melindungi kebebasan pers dan hak orang untuk bebas berbicara. Bustillo menyebutkan contoh-contoh perpustakaan yang dihancurkan di masa lalu, mencatat bahwa karya-karya kreatif yang tersimpan di blockchain akan membuat jauh lebih sulit untuk menghancurkan atau merusak catatan. Bustillos juga menegaskan bahwa setiap artikel yang dimasukkan di Popula sekarang akan disimpan di blockchain juga. Terakhir dalam websitenya, Popula mengutarakan bahwa, “Kami memulai Popula dengan dana murah dari Civil, dan kami akan menggunakannya untuk menunjukkan bagaimana teknologi blockchain dapat melindungi kualitas dan integritas dari apa yang Anda baca. Kami akan meluncurkan cryptoeconomics of Popula di minggu-minggu dan bulan-bulan mendatang. Tetapi sekarang, kami siap untuk mulai membawakan Anda tulisan, seni, dan informasi yang menarik dan indah dari seluruh penjuru.”