Perintah Joe Biden Buat Harga Aset Crypto Naik!

Rossetti Syarief

10th March, 2022

Joe Biden telah menandatangani perintah eksekutif tentang pengawasan pemerintah terhadap cryptocurrency yang mendesak Federal Reserve untuk mengeksplorasi apakah bank sentral harus terjun dan membuat mata uang digitalnya sendiri.

Seorang pejabat senior administrasi Biden memandang ledakan popularitas cryptocurrency sebagai peluang untuk memeriksa risiko dan manfaat aset digital. Sementara persyaratan lebih lanjut akan segera ditetapkan oleh White House.

Di bawah perintah eksekutif, Biden juga telah mengarahkan Departemen Keuangan dan lembaga federal lainnya untuk mempelajari dampak cryptocurrency pada stabilitas keuangan dan keamanan nasional.

Brian Deese dan Jake Sullivan, masing-masing penasihat ekonomi dan keamanan nasional utama Biden, mengatakan perintah tersebut telah menetapkan strategi aset digital federal secara komprehensif pertama untuk Amerika Serikat.

“Itu akan membantu memposisikan AS untuk terus memainkan peran utama dalam inovasi dan tata kelola ekosistem aset digital di dalam dan luar negeri, dengan cara yang melindungi konsumen, konsisten dengan nilai-nilai demokrasi kami dan memajukan daya saing global AS,” ungkap Deese dan Sullivan dalam sebuah pernyataan bersama.

Crypto Naik Karena Perintah Eksekutif Joe Biden

Data menunjukan harga BTC sempat melonjak ke level $42.500 setelah pernyataan tentang perintah eksekutif dari Menteri Keuangan AS Janet Yellen diterbitkan.

Pergerakan Harga Bitcoin

Pada saat penulisan, harga Bitcoin telah kembali ke kisaran $40.820, namun setidaknya telah selamat dari level $38.000 yang sebelumnya terjadi.

Baca Juga: Harga Bitcoin Terancam Menuju $35.000, Begini Kata Analis

Selain Bitcoin, Ethereum ($ETH) juga menunjukan pergerakan naik dengan lebih dari 5,4% dalam 24 jam terakhir, sementara Terra ($LUNA) berhasil melonjak 21%. 

Aset TOP crypto lainnya yang mencatat kenaikan harga karena sentimen ini adalah Binance Coin ($BNB), Solana ($SOL), dan Avalanche ($AVAX) dengan kenaikan masing-masing sebesar 2,5%, 4%, dan 8%.

Meskipun begitu, perintah eksekutif Biden tentang aset digital yang diterbitkan pada Rabu (9 Maret 2022) tidak secara langsung menerapkan undang-undang dan kebijakan baru, perintah tersebut mengarahkan badan pengatur untuk mengembangkan dan menyerahkan rekomendasi legislatif.

Sementara draft kebijakan nasional Biden tentang crypto dilampirkan akan memberi prioritas pada enam bidang utama yaitu; perlindungan konsumen, stabilitas keuangan, keuangan terlarang, mempromosikan kepemimpinan AS dalam sistem keuangan global, inklusi keuangan, dan inovasi yang bertanggung jawab.

“Kenaikan aset digital menciptakan peluang untuk memperkuat kepemimpinan Amerika dalam sistem keuangan global dan di perbatasan teknologi, tetapi juga memiliki implikasi substansial bagi perlindungan konsumen, stabilitas keuangan, keamanan nasional, dan risiko iklim.”

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.