Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Blockchain · 8 min read

Peretasan DeFi Terjadi Lagi! MONO dan BADGER Kehilangan $151 Juta

Kabar tidak menyenangkan datang dari protokol DeFi yang belum lama ini alami peretasan, dengan platform BADGER dan MonoX yang terdaftar di Huobi alami kerugian besar.

Sekitar $151 juta telah hilang minggu ini, dalam kasus data breaches.

Kerugian dalam Platform

MonoX alami cyber attack pada 30 November yang menyebabkan platform alami kerugian $31 juta. Serangan ini menyebabkan bug dalam smart contract memiliki perbedaan data setelah harga aset diubah secara manual.

Sementara BADGER, mengalami serangan pada websitenya yang ditemukan pada 2 Desember, dengan perkiraan kerugian mencapai lebih dari $120 juta.


Serangan yang dipublikasikan sekitar pukul 2 pagi pada 2 Desember, yang menargetkan protokol pada jaringan Ethereum di contract address 0x1fcdb04d0c5364fbd92c73ca8af9baa72c269107.

Rekt News menjelaskan bahwa peretasan DeFi yang kembali terjadi, sebenarnya dapat menaikkan harga MONO melalui smart contract. Dengan catatan, transaksi yang dilakukan menggunakan metode dalam contract swap.

“Peretas membuat lingkaran di mana harga tokenOut akan menimpa harga tokenIn, yang kemudian memompa harga MONO.”

Tak lama, pernyataan itu dikonfirmasi langsung oleh tim MonoX dalam cuitannya di laman twitter mereka pada 30 November.

Ancaman Bagi Pengguna

Kasus data breaches pada BADGER juga menjadi ancaman berkelanjutan bagi users yang ingin berinteraksi dengan platform.

Bug dalam user interface merupakan attacker jahat yang mencoba mencuri dana dari pengolahan dana yang salah dari pengguna. 

Perwakilan admin blackbear memprediksi bahwa permintaan tersebut disebabkan oleh serangan pada website.

Pada saat penulisan, kerugian dari serangan BADGER berjumlah lebih dari $120 juta, termasuk 2078,76 BTC, 30,27 ibBTC, dan 151,32 ETH, menurut perusahaan analitik blockchain PeckShield. 

Tim BADGER telah memproses masalah ini lebih lanjut serta telah menghentikan semua smart contract pada protokol untuk menghindari kerugian lebih lanjut.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.