Berita Altcoins · 6 min read

Peretas FTX Konversi Lebih dari 30.000 ETH ke RenBTC!

PERETAS FTX

Peretas FTX yang berhasil mengeksploitasi $600 juta atau setara dengan 9,4 triliun Rupiah mulai menukarkan ETH senilai jutaan dolar ke Ren Bitcoin (renBTC), sebuah token yang mewakili bitcoin di blockchain lain, pada hari Minggu pagi, dilansir dari Coindesk pada 21/11/2022. 

RenBTC diketahui memiliki keterkaitan dengan Sam Bankman Fried, sebab pada  2021, Alameda Research, perusahaan perdagangan milik Sam Bankman-Fried mengatakan tim pengembangan Ren “bergabung” dengan Alameda dan akan bekerja pada memperluas penggunaan Ren ke beberapa blockchain.

Baca juga: Kabar Terbaru Kasus FTX

Pindahkan 50.000 ETH

Pada hari Minggu pukul 7:27 UTC, peretas FTX memindahkan lebih dari 5.000 ETH ke dompet baru, menurut data blockchain. Tambahan 35.000 ETH kemudian dipindahkan ke dompet itu melalui tiga transaksi terpisah.

Data dari Lookonchain pun menunjukan peretas memindahkan 50.000 ETH ke alamat baru dan menukar 30.990 ETH dengan 2.197,5 renBTC. Perusahaan intelijen kripto, Arkham Intelligence mengkonfirmasi aktivitas ini. Perusahaan men-tweet bahwa peretas memindahkan ETH senilai hampir $60 juta ke dompet baru.

Analisis on-chain dari dompet baru menunjukkan peretas itu kemudian mulai mengubah ETH menjadi renBTC menggunakan agregator pertukaran terdesentralisasi 1Inch.

Transaksi pertama melihat 4.000 ETH dikonversi menjadi wrapped Bitcoin (wBTC), token perwakilan Bitcoin lainnya, dan kemudian menjadi renBTC.

Data dari PeckShield.

Data yang dikutip oleh perusahaan keamanan PeckShield menunjukkan peretas menggunakan Ren Bridge untuk mentransfer ribuan renBTC. Bridge adalah penghubung jariangan blockchain yang memungkinkan pengguna bertukar token di antara jaringan yang berbeda.

Menurut sebuah studi oleh firma analisis blockchain Elliptic, Ren Bridge sebelumnya telah digunakan untuk mencuci dana curian hingga setidaknya $540 juta karena dapat memberikan privasi kepada pengguna, menurut laporan Elliptic.

Harga ETH Terdampak

Setelah menukar ETH dengan renBTC, pengeksploitasi menjembatani token dan menukarnya dengan BTC asli. Mereka kemungkinan akan melanjutkan ini sampai mereka secara efektif mengonversi semua ETH menjadi BTC.

Harga ETH
Harga ETH

Langkah peretas untuk mencairkan ETH untuk Bitcoin merugikan harga ETH. Data CoinMarketCap menunjukkan bahwa ETH turun lebih dari 3%, dan jika penjualan tanpa henti berlanjut, ETH bisa turun lebih jauh lagi. 

Kabar terbaru dikutip dari WatcherGuru, menurut data on-chain pada 19.43 WIB, peretas FTX diketahui telah menambah 15.000 ETH untuk ditukar menjadi Bitcoin.

Baca juga: Vitalik Buterin Umumkan Roadmap Ethereum Terbaru

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.