Berita NFT · 5 min read

Perdagangan NFT Melejit US$2 Miliar, Tertinggi Sejak Mei 2022!

NFT

Pasar NFT mencatat kenaikan volume perdagangan yang signifikan pada Februari 2023. Untuk pertama kalinya, sejak Mei 2022, perdagangan NFT tembus US$2 miliar. Kenaikan ini didominasi oleh performa platform perdagangan Blur yang baru saja mengadakan airdrop pertamanya.

Menurut laporan DAppradar, Blur mendominasi pasar NFT dengan volume perdagangan US$1,3 miliar dan pangsa pasar 64,8%, sementara Opensea tertinggal dengan US$587 juta dan pangsa 28,7%.

Sebaliknya, Opensea, yang merupakan pesaing utama, ketinggalan dengan jumlah volume transaksi sebesar US$587 juta, yang mewakili 28,7% dari total pasar NFT.

Baca Juga: Blur Salip OpenSea, Siap-siap Ada Airdrop Kedua!

Basis Pengguna di OpenSea Terbesar

Meskipun volume perdagangan Blur menunjukkan hasil yang mengesankan, OpenSea masih memiliki basis pengguna yang jauh lebih besar, dengan jumlah pedagang mencapai lebih dari 316.199, sementara Blur hanya memiliki 96.856 pedagang.

Hal ini menegaskan bahwa pola perdagangan di Blur sebagian besar dipengaruhi oleh aktivitas NFT oleh pemain besar (whale) di platform, bukan oleh perdagangan retail.

Meskipun terjadi kenaikan volume perdagangan sebesar 117%, tetapi jumlah NFT mengalami penurunan sebesar 31,46%. Pada bulan Februari, hanya terjual 6,3 juta produk.

Volume perdagang NFT. Sumber: DAppradar
Volume perdagangan NFT. Sumber: DAppradar

Baca Juga: Coinbase dan Opensea Masuk Top 10 Perusahaan di 2022

Ethereum Masih Menjadi Blockchain Primadona

Ethereum tetap menjadi platform yang dominan dan penting di pasar NFT. Ini dibuktikan dengan volume perdagangan NFT melalui blockchain Ethereum yang mencapai US$1,6 miliar. Dengan begitu, Ethereum menguasai 83,36% dari seluruh pasar NFT.

Top Blockchian untuk NFT.
Top Blockchian untuk NFT. Sumber: DAppradar

Selanjutnya, Polygon juga mencatat peningkatan yang signifikan sebesar 147% dalam volume perdagangan NFT, dengan nilai mencapai US$39 juta pada Februari 2023.

Beberapa chain lainnya juga terpantau mengalami pertumbuhan. Di sektor video game, Immutable X mencatat peningkatan volume perdagangan sebesar 71% menjadi US$24,4 juta.

Sementara itu, Binance Smart Chain (BNB) juga mengalami pertumbuhan yang sama dan mencatat volume perdagangan NFT senilai US$7 juta.

Baca Juga: Prediksi NFT di 2023, Ada Apa Saja?

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.