Pendiri DOGE Nyatakan 95% Crypto adalah Penipuan

Naufal Muhammad

23rd May, 2022

Salah satu pendiri Dogecoin (DOGE), Billy Markus, menyatakan bahwa 95% dari seluruh crypto adalah proyek penipuan. 

Pernyataan ini telah menarik perhatian beberapa tokoh besar di dunia keuangan dan crypto.

Pendiri DOGE Nyatakan 95% Crypto adalah Penipuan 

Billy Markus, Pendiri Dogecoin, baru saja membuat ramai dunia Twitter crypto terkait pernyataannya bahwa 95% proyek crypto adalah proyek penipuan. 

Menurutnya akibat kondisi yang ia percayai tersebut, kondisi pasar crypto menjadi semakin buruk. Artinya karena banyaknya penipuan dan sikap sombong, inovasi crypto menjadi tertutup dan dianggap negatif.  

Banyak yang menanggapi bahwa pernyataan ini sangat lucu mengingat Dogecoin yang juga masih rancu dalam kategori penipuan atau tidak. 

Cuitan tersebut keluar setelah adanya kasus Terra (LUNA) yang terjadi beberapa pekan lalu.

Setelah memberikan pernyataan tersebut ia menambahkan dengan menyatakan bahwa orang yang mengajaknya berargumen terkait pernyataan sebelumnya adalah orang bodoh dan penipu. 

Cuitan tersebut mendapatkan lebih dari seribu tanggapan, mayoritas individu yang menanggapi pernyataan Markus terlihat setuju walau tetap menganggapnya sedikit munafik atau hipokrit. 

Hal ini disebabkan Dogecoin yang dibentuk dalam status memecoin, selain itu masih banyak yang berargumen DOGE belum sepenuhnya bagus walau sekarang memiliki rencana yang baik.  

Markus sendiri masih menyatakan bahwa DOGE adalah sebuah proyek crypto yang tidak bagus karena dibentuk untuk hiburan. Ia juga menyerang ekosistem DOGE yang dianggap diisi oleh proyek tanpa kegunaan. 

Pernyataan tersebut jadi tantangan kepada tim Dogecoin saat ini yang sedang berusaha memperbaiki Dogecoin dari sebelumnya hanya lelucon menjadi sebuah blockchain yang baik. 

Tanggapan Tokoh Besar

Terdapat beberapa tokoh besar yang menanggapi pernyataan Billy. Salah satunya adalah Elon Musk, CEO Tesla, dan individu yang mengaku sebagai pendukung terbesar DOGE yang menanggapi tanggapan Markus dengan emoji tertawa. 

Tanggapan tersebut dibalas oleh Billy Markus dimana ia menyatakan bahwa tanggapan tersebut adalah “Tanggapan paling benar”

Terakhir kali Elon Musk dan Billy Markus berbincang adalah saat Elon Musk membeli Twitter dan menyatakan bahwa ia akan menggunakan DOGE sebagai alat tukar utama Twitter.

Terkait dampak pernyataan ini terhadap harga DOGE, terlihat bahwa tidak ada pergerakan harga yang signifikan. 

Saat ini DOGE masih terlihat bergerak mengikuti mayoritas aset crypto yang sedang terkonsolidasi. 

Pernyataan dari Pendiri Dogecoin ini terlihat tidak terlalu berpengaruh karena mayoritas investor mengetahui sifat aslinya. 

Jika mengacu pada akun Twitternya, terlihat bahwa Markus adalah individu yang kritis dan sering menyatakan hal yang dianggap sebagian investor sebagai pernyataan negatif. 

Contoh pernyataan terbarunya yang cukup kontroversial adalah saat ia menyatakan bahwa crypto dan saham adalah dua aset yang dianggap bodoh. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.