Elon Musk Beli Twitter! Dogecoin Naik 20% dalam Sehari

Naufal Muhammad

26th April, 2022

Elon Musk dikabarkan resmi membeli Twitter senilai $45 Miliar atau Rp647,86 Triliun dalam rencana untuk mengubah Twitter secara menyeluruh. 

Setelah peresmian akuisisi ini, harga Dogecoin mengalami apresiasi mencapai 20% hanya dalam sehari walau tidak memiliki hubungan secara langsung. 

Elon Musk Resmi Beli Twitter 

Pada 25 April 2022 beredar kabar bahwa Elon Musk telah berhasil mendapatkan persetujuan dari dewan direksi Twitter untuk membeli Twitter

Setelah melakukan negosiasi beberapa pekan terakhir, akhirnya Dewan Direksi Twitter menyetujui ajuan Elon Musk untuk membeli Twitter.

Langkah ini terjadi setelah adanya negosiasi dan beberapa dukungan terhadap Elon Musk dari pemegang saham Twitter lain di beberapa media sosial.

Dikabarkan bahwa pembelian ini dilakukan dengan uangnya sendiri dan dengan utang yang ia ambil dari beberapa bank besar, salah satunya Morgan Stanley. 

Tercatat bahwa sekitar 46,7% dana yang digunakan untuk membeli Twitter adalah dana yang berasal dari pinjaman tersebut.

Pembelian ini terlihat dari sudut pandang publik sebagai langkah pribadi dibandingkan langkah bisnis karena ujarannya yang sering disampaikan dalam proses pembelian Twitter sebelumnya. 

Elon Musk adalah salah satu individu yang sering mempromosikan nilai kebebasan berpendapat dan pembelian Twitter terlihat sebagai salah satu cara untuk merealisasikan nilainya tersebut.

Dengan pembelian Twitter ia berharap bahwa masyarakat dapat lebih bebas untuk berpendapat tanpa mendapatkan halangan atau sensor tentang apa pun yang disampaikan. 

Harapan Elon Musk, dengan kepemilikannya terhadap Twitter penggunanya bisa menyatakan dan mempromosikan apa pun tanpa halangan seperti yang terjadi pada mayoritas platform media sosial terkenal saat ini. 

Selain itu ia juga berencana untuk menghilangkan seluruh bot atau robot yang sering memberi pesan otomatis secara berlebihan atau biasa disebut dengan spam. 

Terakhir kemungkinan besar ia akan mulai menggunakan Dogecoin lebih sering lagi untuk alat transaksi dalam ekosistem Twitter. 

Salah satu rencana kuatnya adalah untuk menjadikan Dogecoin sebagai alat untuk tipping atau memberi donasi dari penggemar atau pengguna kepada pencipta konten idamannya. 

DOGE Naik 20% dalam Sehari

Elon Musk menjadi tokoh yang paling terikat dengan Dogecoin melihat sejarah hubungannya di Twitter dimana cuitannya sering mendorong harga DOGE naik. 

Setelah kabar pembelian ini harga DOGE mengalami apresiasi harga yang cukup signifikan karena banyaknya asumsi dari rencana yang sebelumnya disebut. 

Banyak investor DOGE yang berharap bahwa dengan adanya Elon Musk di Twitter, yang sering disebut sebagai sumber informasi untuk crypto, DOGE juga akan semakin tenar.

Dogecoin saat ini berhasil mengalahkan Avalanche (AVAX) dan Polkadot (DOT).

Pencapaian ini cukup mengesankan mengingat kedua koin tersebut  sedang mengalami apresiasi yang signifkan dalam ketenarannya.

Bersama dengan adanya roadmap atau rencana yang dipublikasi oleh tim DOGE, diharapkan kegunaannya di Twitter dapat mendorong kegunaannya lebih tinggi dan sekaligus mendorong permintaannya naik. 

Harga DOGE terlihat naik sekitar 20% setelah tertutup jika dilihat di candlestick harian pada 25 April 2022 bahkan mencapai 26% hingga harga tertingginya. 

Walau mulai terkoreksi hari ini, DOGE masih terlihat kuat karena kembali naik ke peringkat sepuluh terbesar setelah tersingkirkan oleh beberapa crypto yang sebelumnya tenar. 

Dari sisi teknikal, kemungkinan besar untuk saat ini DOGE akan mengalami koreksi sebelum kembali bergerak naik dalam zona apresiasinya. 

Elon Musk Beli Twitter! Dogecoin Naik 20% dalam Sehari
Grafik Harian DOGEUSD

Selama batas bawah pada $0.1369 masih terjaga, kemungkinan besar DOGE dapat kembali bergerak naik menuju $0.1665 dalam beberapa pekan ke depan. 

Melihat naluri Dogecoin yang perlu naik dengan sentimen positif, kemungkinan besar pergerakan tersebut akan terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Masa depan Dogecoin untuk saat ini terlihat cerah terutama dengan adanya rencana yang tersusun dan niatnya untuk keluar dari status meme yang sebelumnya dimiliki. 

Sehingga melihat kondisi tersebut ada kemungkinan Dogecoin dapat kembali bersaing sebagai salah satu crypto yang memiliki fundamental baik.

Tapi semua itu hanya akan terjadi jika roadmap dijalankan sesuai rencana dan Elon Musk mengambil alih dan memberikan fokusnya kepada DOGE setelah mengakuisisi Twitter.

*Disclaimer 

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.