Berita Bitcoin · 6 min read

Pemerintah AS Transfer Bitcoin Bernilai Rp64,2 Miliar yang Disita dari Pengedar Narkoba

Bitcoin Amerika Serikat

Pemerintah Amerika Serikat diketahui telah memindahkan sebanyak 58,74 Bitcoin ke exchange kripto Coinbase pada 22 Juli 2024.

Data dari Arkham Intelligence menunjukkan bahwa sebuah alamat wallet yang terkait dengan pemerintah AS mulai mentransfer Bitcoin senilai sekitar US$3,96 juta atau setara dengan Rp64,2 miliar ke Coinbase Prime.

Riwayat transaksi Bitcoin terbaru dari pemerintah AS. Sumber: Arkham Intelligence

Transfer itu berasal dari alamat yang diberi label “U.S. Government: Ryan Farace Seized Funds” Bitcoin tersebut merupakan hasil sitaan dari Ryan Farace yang didakwa pada 2018 lalu karena menjual pil Xanax di dark web seperti Silk Road dengan nama pengguna Xanaxman.

Saat itu, Farace hanya menyerahkan 24 BTC dengan alasan bahwa dirinya tidak lagi memiliki akses ke dana lainnya yang diperoleh dari kegiatan ilegal tersebut.

Kemudian, ayah Ryan bernama Joseph Farace juga didakwa karena pencucian uang dan perdagangan Bitcoin yang seharusnya diserahkan kepada pemerintah AS.

Departemen Kehakiman AS (DOJ) akhirnya berhasil menyita 2.930 BTC dari keduanya dan mengumumkan niatnya untuk melikuidasi aset tersebut pada Januari 2024.

Baca juga: Pemerintah AS akan Jual 2.930 Bitcoin Sitaan dari Dark Web

Bitcoin Tidak Bereaksi

Masih belum jelas apakah pemerintah AS bermaksud untuk menjual Bitcoin tersebut atau hanya mengelola dananya dengan memindahkan aset ke wallet lain. Adapun harga Bitcoin tampak tidak bereaksi, dengan nilainya yang cenderung stagnan di level US$67.000 pada saat pemindahan aset tersebut.

Selain itu, jumlah transfer Bitcoin itu juga mewakili kurang dari 1% volume perdagangan Bitcoin dalam 24 jam terakhir yang mencapai lebih dari US$43 miliar, menurut sumber data CoinGecko.

Aksi pemindahan Bitcoin oleh pemerintah AS mengikuti tindakan serupa yang dilakukan oleh Jerman pada awal Juli ini, di mana pemerintah negara tersebut telah menjual 49.858 BTC sejak 19 Juni hingga 12 Juli yang menyebabkan harga koin turun hingga US$53.000.

Menurut data Arkham, pemerintah AS saat ini masih memegang aset kripto senilai sekitar US$14,6 miliar di dalam wallet-nya, dengan sebagian aset tersebut berisikan Bitcoin sebanyak 213.239 BTC yang bernilai US$14,1 miliar.

Baca juga: Pemerintah AS Terindikasi akan Jual Bitcoin Senilai Rp4 Triliun

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.