Pebisnis Ulung Ini Dukung Ethereum Setelah EIP-1559, Ubah Persepsi Awal

Naufal Muhammad

10th August, 2021

Kevin O’Leary, pebisnis ulung dan investor dengan julukan “Mr. Wonderful” di acara Shark Tank memiliki pandangan baru terhadap crypto.

Setelah sebelumnya terlihat menolak crypto, saat ini pandangannya terlihat berubah drastis terutama melalui pernyataannya pekan lalu.

Pekan lalu, ia menyatakan bahwa crypto yang paling ia dukung adalah Ethereum setelah Ethereum mengalami pembaruan pada mekanisme jaringannya.

Pebisnis Ulung Dukung Ethereum

O’Leary terlihat memberikan dukungannya terhadap Ethereum dengan menyatakan bahwa Ethereum akan memiliki jumlah yang terbatas. Ia menyatakan,

“Jika Bitcoin adalah uang yang aman akibat memiliki persediaan di 21 Juta, maka Ethereum akan mengalami hal yang sama. Ethereum adalah uang yang aman akibat tidak memiliki batasan jumlah tetap namun jumlahnya terbatas.”

Pernyataan tersebut nampaknya mereferensikan pada mekanisme burn baru yang dimiliki oleh Ethereum setelah pembaruan jaringan London Hard Fork.

Saat ini Ethereum memiliki mekanisme baru dimana 25% hingga 75% dari biaya transaksi yang telah digunakan akan dihilangkan dari persediaan.

Hal tersebut membuat sektiar 21 Ribu Ethereum saat ini telah resmi hilang dan membuat harganya naik lebih dari 20% hanya dalam tujuh hari.

O’Leary membandingkan kondisi Ethereum saat ini dengan sebuah bisnis, dimana dengan sistem ini akan lebih banyak pendapatan dibandingkan pengeluaran.

Selanjutnya ia membandingkan bahwa jumlah keuntungan yang dihilangkan adalah sama dengan memberikan dividen ke pemegang saham perusahaan.

Perubahan Pandangan Crypto

Seperti banyak investor lainnya, Kevin O’Leary merupakan salah satu pihak yang mengubah pandangannya terhadap crypto.

Pada 2019, ia menyebut Bitcoin sebagai sebuah “sampah” yang menurutnya tidak layak untuk diinvestasikan.

Namun semua pandangan tersebut berubah di akhir Maret 2021 yang membuatnya mengalokasikan 3% investasinya kepada Bitcoin dan Ethereum.

Rekan kerja O’Leary di acara Shark Tank, Mark Cuban, juga merupakan salah satu pendukung utama terhadap perkembangan Ethereum.

Ia menyatakan bahwa pembaruan jaringan dan implementasi EIP-1559 akan merubah semuanya termasuk juga merubah pandangan terhadap Ethereum sebagai aset.

Cuban juga menyatakan bahwa Ethereum memiliki kegunaan yang lebih luas dengan adanya implementasi platform Non Fungible Token dan smart contracts.

Terdapat pihak lain yang menyatakan bahwa Ethereum, walau akan berubah, tidak akan berubah sesuai prediksi pasar. Pihak tersebut adalah mantan pejabat eksekutif dari ZCash, Josh Cincinnati.

Pernyataan tersebut juga disetujui oleh CEO MyCrypto yang menyatakan bahwa saat ini dampak dari EIP-1559 belum akan jelas.

Hal ini disebabkan belum ada angka pasti terhadap tingkat burn yang akan dilakukan secara rutin sehingga masih berfluktuasi.

Sehingga, masih ada kemungkinan bahwa jumlah Ethereum yang ditambang dapat lebih banyak dibandingkan Ethereum yang dihilangkan.

Tapi secara keseluruhan pandangan ini bukan merupakan pandangan yang buruk akibat dapat menjadi tanda bahwa developer Ethereum belum selesai.

Sentimen positif utama yang masih ditunggu nampaknya adalah transisi menuju Ethereum 2.0 yang akan terjadi pada Tahun 2022.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.