Pasar Ethereum Semakin Aktif, Tembus ATH Baru Dalam Waktu Singkat

Rossetti Syarief

3rd November, 2021

Pasar Ethereum menjadi lebih aktif dari sebelumnya. Aset digital terbesar kedua tersebut lagi dan lagi mencapai level tertinggi baru sepanjang masa dalam waktu singkat. Pukul 8 WIB, Ethereum diperdagangkan dengan harga $4,638.

Ethereum juga telah menyaksikan serangkaian penerbitan pasokan negatif (berkurang).

Jumlah pasokan Ethereum selama tujuh hari ini terlihat menurun dengan jumlah ETH yang lebih banyak dibakar daripada ditambang. Hal ini mengakibatkan jumlah ETH menjadi lebih sedikit.

Menurut data, London Hardfork adalah penyebab kehancuran permanen 724.400 ETH yang bernilai mendekati $3,1 miliar.

London Hardfork memperkenalkan mekanisme pembakaran ke pasar biaya Ethereum pada awal Agustus, di mana sejumlah kecil ETH dihancurkan dengan setiap transaksi yang dilakukan di jaringan. 

Namun, dengan harga gas yang tersisa pada puncak, Ethereum kini telah menyaksikan penerbitan deflasi selama seminggu penuh di jaringan.

Untuk menopang peristiwa deflasi ini, harga gas harus secara konsisten mencapai di atas 150 Gwei

Harga ini telah dipertahankan selama beberapa hari terakhir, menghasilkan aktivitas seperti menyediakan likuiditas pada platform DeFi, dengan biaya hingga $140.

Sebelumnya, Analis on-chain populer Willy Woo mengatakan satu metrik di bawah radar yang menunjukkan bahwa ETH bersiap untuk kenaikan yang mengesankan.

Ethereum Supply Shock

“Sementara BTC membangun kekuatan untuk kecepatan untuk reli harga, ETH diam-diam membangun fundamental on-chain yang lebih kuat dengan adanya supply shock” Ungkapnya.

Supply shock sendiri adalah metrik yang memperkirakan harga kripto dengan menganalisis berapa banyak koin yang ada di tangan orang-orang dengan riwayat dijual belikan atau tidak.

Seperti yang dijelaskan Woo,

“Pada pandangan pertama, kita dapat melihat model Supply Shock melacak harga dengan cukup dekat. Melihat lebih dekat menunjukkan harga Supply Shock LEADS. Ini masuk akal karena pihak kami melacak niat investor sebelum tindakan mereka untuk membeli atau menjual.”

Woo memberi perumpamaan, misalnya jika long-term investor yang secara historis terakumulasi memindahkan cukup banyak koin ke entitas lain seperti bursa.

Semua koin yang dipegang oleh investor tersebut akan kembali diklasifikasikan sebagai likuid atau sangat likuid. Karena Woo dan tim akan melacak niat mereka sebelum bertransaksi.

Awal pekan ini, sang analis juga membahas bagaimana Bitcoin (BTC) bersaing dengan emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

Sementara itu, banyak pengguna yang sudah bermigrasi ke jaringan Ethereum 2.0 karena menunjukkan lonjakan 500% dalam total nilai yang dikunci atau TVL dalam dua bulan terakhir.

Ini berhasil masuk ke rekor $4,68 miliar, meskipun begitu, masih banyak pengguna Ethereum yang tidak ingin membakar crypto mereka hanya dengan membayar gas dan Layer-2.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik