Berita Altcoins · 6 min read

Waspada Deflasi Ethereum, Perhatikan Hal ini

Setelah menembus ATH terbarunya senilai $4,400 minggu lalu, ETH dilaporkan sudah turun hingga ke level terendah $4.152 pada pembukaan bulan November ini. Koreksi tersebut dikhawatirkan investor merujuk pada deflasi Ethereum.

Meski, naik turun harga aset kripto sering terjadi, namun pada kasus Ethereum terasa berbeda. Pasalnya, ETH adalah salah satu jaringan yang cukup aktif melakukan pembaruan. 

Sejak Juli, Ethereum mengalami peningkatan penting, seperti pembaruan hard fork London. Pembaruan ini memasukkan mekanisme pembakaran deflasi ke Ethereum sebagai bagian dari struktur biaya jaringan.

Belum lama ini, ETH kembali melakukan pembaruan yang baru, yaitu Ethereum 2.0. Altair di chain Beacon memiliki awal yang sukses, dengan indikator 98,7% dari node ditingkatkan pada saat itu. 

Terus berpacu pada pembaruan di jaringannya, Ethereum dan mekanisme pembakaran telah bekerja sangat keras sampai hari ini.

Menurut Etherchain, Ethereum membakar 10,06 ETH atau senilai dengan $42.895 setiap menit selama 24 jam terakhir. 

Secara keseluruhan, itu membakar sekitar 701.630 ETH, setara dengan $3 miliar (sekitar), pada saat penulisan.

Lantas, apakah melakukan pembaruan yang di lanjutkan dengan pembakaran seperti ini secara berkala, adalah hal yang baik untuk jaringan?

Menurut laporan jurnalis China Wu Blockchain, yang ia tulis di laman Twitter,

Sang Jurnalis menyorot tingkat pembakaran Ethereum saat ini adalah sekitar 5 ETH/menit, dan nilai pembakaran rata-rata satu blok tetap di atas 1,1 ETH. 

Sementara itu, pasokan tahunan ETH yang baru sekitar 5 juta, yang berarti tingkat pembakaran saat ini ada lebih dari 50% dari pasokan baru yang dibakar. 

Jika ETH1.0 dan ETH2.0 berhasil digabungkan, Ethereum dapat bergerak menuju deflasi harga.

Namun, tetap, beberapa parameter lain telah mempengaruhi pencapaian Ethereum belakangan ini. Terlepas dari poin-poin yang disebutkan di atas, adopsi institusional memainkan peran penting.

Menurut sebuah laporan, ada sekitar 12 produk sekuritas Ethereum memiliki total 1,4294 juta ETH, yang senilai dengan lebih dari $5 miliar. Hal menyumbang 1,23% dari kapitalisasi pasar Ethereum.

Selain itu, analis pro-ETH tetap mempertahankan sudut pandang bullish atau bearish mereka masing-masing, terlepas dari periode konsolidasi tertentu. Sekarang atau di masa lalu.

Disclaimer: Artikel ini merupakan berasal dari berbagai sumber dan pandangan penulis, artikel ini bukan ajakan untuk investasi. Semua keputusan ada di tangan pembaca dengan mengetahui segala keuntungan dan resikonya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.