Pasar Crypto Lagi Mundur, OpenSea Pecahkan Rekor Baru!

Rossetti Syarief

11th January, 2022

Salah satu pasar NFT terkemuka dunia, OpenSea, siap memecahkan rekor platformnya sendiri dalam penjualan bulanan, setelah volume perdagangan hariannya melonjak secara konsisten.

Terhitung hingga 10 Januari kemarin, volume perdagangan NFT yang tercatat di OpenSea bernilai 2,1 miliar Dollar. Itu merupakan rekor baru bagi platform, karena nilainya hampir setengah dari volume perdagangan yang tercatat pada sepanjang bulan Agustus 2021 silam.

Pada saat itu, volume perdagangan NFT hanya bernilai 3,5 miliar Dollar menurut data yang dilansir Dune Analytics.

Menurut sebuah laporan, OpenSea kini tengah bersiap mencatat keuntungan yang lebih tinggi, sekitar 6 miliar Dollar dalam volume perdagangan untuk Januari, jika tren naik terus berlanjut.

Sementara itu, volume perdagangan yang sekarang mendorong tren naik dalam OpenSea sebagian besar didapatkan oleh koleksi baru dari PhantaBear yang mencatat penjualan sebesar 17.124,79 ETH ($53 juta) selama tujuh hari terakhir. 

Bored Ape Yacht Club yang begitu digemari tokoh dunia papan atas berada di posisi kedua dengan mencatat penjualan 16.657,78 ($51,5 juta).

Faktor Lain yang Mendorong Platform OpenSea Pecahkan Rekor

Data gabungan dari CryptoSlam menunjukkan koleksi Doodles sebagai pemimpin dalam penjualan di semua NFT marketplace, dengan penjualan hampir $56 juta selama tujuh hari terakhir. Saat ini, koleksi tersebut menempati peringkat ketiga di OpenSea.

Dune Analytics juga mencatat faktor lain yang mendorong volume perdagangan dalam OpenSea selain karena kepopularitasan koleksi NFT-nya. Ternyata, active users yang berada dalam platform juga mencatat hasil yang tinggi.

Sekitar 260.369 yang tercatat pada pembukaan bulan ini saja, yang mana nilainya sudah mendekati rekor tertinggi sepanjang masa di bulan Desember lalu dengan active users yang berjumlah 362.679.

Fenomena OpenSea tersebut secara tidak langsung telah menunjukkan bahwa masih banyak ruang yang harus diisi untuk NFT marketplace, karena volume perdagangan tetap tinggi selama lebih dari enam bulan berturut-turut dan melampaui $4 miliar secara global selama 30 hari terakhir. 

Baca juga: Apa Itu NFT Marketplace? Panduan untuk Pemula

Sementara itu, NFT marketplace saat ini telah berhasil membangkitkan minat yang sesungguhnya dari investor sejak awal tahun baru.

Volume di semua platform peningkatan secara stabil sejak membuka tahun 2022 ketika total penjualan harian mencapai hampir 15.671 item.

Antara tanggal 7 atau 8 Januari, penjualan juga melonjak dari 13.189 menjadi 36.041 NFT. Penjualan harian pun ikut meningkat hingga mencapai tertinggi bulanan dengan menjual 29.921 NFT pada 10 Januari.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.