Monero (XMR) Bangkit! Harga Reli Hampir 10%

Anisa Giovanny

10th April, 2022

Sudah lama tidak terdengar kabar dan pergerakan harga yang signifikan, kali ini Monero atau XMR muncul kembali ke permukaan.

XMR terlihat menguat hampir 9,5% dalam seminggu terakhir, hal ini mencuri perhatian. Soalnya secara umum pasar crypto justru alami penurunan sebesar 8,5%.  

Monero XMR melonjak ke garis harga tertinggi sejak awal Januari di $240.

Harga XMR turun sedikit 0,87% pada 10 April dari tertinggi dua bulan di $245 yang ditetapkan sehari sebelumnya. Saat ini harga XMR terpantau tengah turun dan berada di level $230.

Meski begitu, cryptocurrency satu ini masih mengungguli saingan utamanya, termasuk Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH), pada jangka waktu mingguan.

Penyebab kenaikan Monero ini disinyalir karena aset tersebut digunakan untuk transaksi menghindari sanksi dan ini meningkatkan daya tariknya di kalangan investor.

Baca juga: Mengenal Monero Blockchain

Hal ini senada dengan berita yang dirilis Cointelegraph, bahwa kelompok riset Amerika Brookings bulan lalu telah memperingatkan bahwa Monero, yang pertama di baris koin privasi, dapat “digunakan sebagai bagian dari skema penghindaran sanksi.”

Dengan kenaikan ini, kapitalisasi pasar Monero telah meningkat hampir 85% menjadi $4,30 miliar sejak Februari. Sementara indikator teknikal menunjukkan bahwa aset crypto ini bisa tumbuh lebih lanjut di kuartal kedua.

Kapitalisasi pasar Monero
Kapitalisasi pasar Monero. Sumber: Coinmarketcap.

Menurut analis Don Yakka, harga XMR bisa saja menyentuh $10.000 apabila pola cup and handle bekerja.

Grafik harga harian XMR/USD menampilkan pola cup-and-handle. Sumber: Don Yakka/TradingView

Cup-and-handle adalah pola kelanjutan bullish dengan “cup” mewakili tren harga berbentuk U, termasuk periode koreksi kuat yang diikuti oleh pemulihan yang akan menentukan harga lebih lanjut.

Di pola tersebut akan terbentuk pola “handle” yang  menyerupai indikator konsolidasi, seperti “flag” atau “candle”.

Pola cup-and-handle selesai setelah harga menembus di atas level resistance. Target breakout selanjutnya akan diukur setelah menghitung tinggi maksimum pola dan menambahkannya ke titik breakout.

Baca juga: Apa Itu Triangle Pattern? Pola Analisis Teknikal di Pasar Crypto

Monero Naik, Harga Bitcoin Stagnan

Jika Monero melihat pergerakan harga mengesankan, Bitcoin terpantau masih bermain di angka $42.000.

Di minggu ini sebetulnya Bitcoin terlihat cukup baik, sebab aset ini sempat mencoba untuk melawati harga $47.000, namun gagal ketika kondisi market kembali bearish.

Seperti yang dilaporkan selama seminggu, BTC pertama kali turun menjadi $45.000 sebelum menukik turun menjadi $43.000, dan kemudian masuk ke level terendah 17 hari di level $42.000.

Baca juga: Bitcoin Sisa Dua Juta Lagi untuk Ditambang, Bagaimana Nasib Miner?

Sejak itu, cryptocurrency terbesar itu berusaha mendapatkan kembali daya tarik dan akhirnya mendekati $43.000 walau kembali gagal melewati harga tersebut untuk naik lebih tinggi.

Saat ini harga BTC terpantau berada di area $42.500 dengan kapitalisasi pasarnya tetap di atas level $800 miliar.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency