Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Apa Itu Triangle Pattern? Pola Analisis Teknikal di Pasar Crypto


Analisis teknikal masih menjadi bagian penting saat melakukan analisis sebelum melakukan pembelian atau penjualan aset keuangan. 

Crypto yang memiliki volatilitas tinggi tetap tidak luput dari analisis teknikal karena sering kali lebih memberi kemudahaan untuk analis memprediksi pergerakan harga. 

Dalam analisis teknikal terdapat pola grafik dimana candlestick dalam sebuah grafik membentuk pola yang menjadi pertanda potensi pergerakan selanjutnya. 

Artikel ini akan menjelaskan mengenai salah satu pola analisis teknikal yang sering digunakan yaitu triangle pattern atau pola segitiga. 

Mengenal Triangle Pattern

Triangle pattern adalah pola grafik dalam analisis teknikal yang membuat candlestick bergerak seakan dalam bentuk segitiga. 

Bentuk segitiga tersebut memberikan batas atas atau resistance dan batas bawah atau support untuk pergerakan harga. 

Dalam pola tersebut, lama-kelamaan sebuah trend akan bergerak mengerucut sehingga membuat bentuk segitiga. 

Batas atas dalam pergerakan pola ini digambar dengan menyambungkan harga penutupan tertinggi dari beberapa candlestick. 

Sebaliknya, batas bawah akan digambar dengan menyambungkan harga penutupan terendah dari beberapa candlestick. 

Apa Itu Triangle Pattern? Pola Analisis Teknikal di Pasar Crypto

Pola segitiga ini dapat digunakan untuk melihat kelanjutan pergerakan arah setelah melawan arah dari arah sebelumnya atau biasa disebut continuation. 

Selain itu, pola ini juga dapat digunakan untuk melihat potensi lawan arah atau reversal sehingga jika dilengkapi dengan analisis candlestick, pola ini adalah strategi prediksi yang kuat.  

Karakteristik Triangle Pattern 

Pola grafik segitiga atau triangle pattern ini memiliki tiga karakteristik utama yang terlihat dari pergerakan harga atau trend. 

Terdapat tiga karakteristik yang tergambarkan dalam trend dimana akan ada satu arah diikuti dengan konsolidasi dan selanjutnya bergerak ke arah penentu. 

Arah pertama atau karakteristik pertama adalah bergerak ke atas atau ke bawah dengan drastis. 

Umumnya dalam pergerakan ini terjadi volume yang tinggi dan terjadi secara cepat. Jadi saat pergerakan ini terjadi umumnya harga akan bergerak cukup signifikan dalam persentasenya entah itu naik signifikan atau turun signifikan.

Baca juga: Apa Itu Flag Pattern? Pola Teknikal Cuan Di Crypto

Arah kedua yang juga menjadi karakteristik kedua dan utama adalah konsolidasi. Setelah terjadi pergerakan drastis tersebut, umumnya akan terjadi konsolidasi atau pergerakan menyamping tanpa arah jelas. 

Konsolidasi ini menjadi pergerakan utama karena pola segitiga umumnya digambar dalam konsolidasi ini. 

Setelah konsolidasi muncul arah pergerakan ketiga yang jadi karakteristik terakhir yaitu pergerakan arah baru yang terjadi secara stabil. 

Trader sering kali menggunakan karakteristik kedua untuk mempersiapkan posisi yang akan dibuka sehingga bisa menikmatinya di pergerakan ketiga. 

Jenis Triangle Pattern 

Triangle pattern ini memiliki tiga jenis yang dapat digunakan untuk membantu prediksi arah harga selanjutnya. 

Ascending Triangle 

Ascending triangle atau pola segitiga yang bergerak naik adalah pola untuk memprediksi potensi pergerakan apresiasi. 

Pola ini masuk ke kategori bullish pattern atau pola yang memberikan potensi pergerakan positif. 

Apa Itu Triangle Pattern? Pola Analisis Teknikal di Pasar Crypto

Umumnya pola ini akan digambarkan dengan tiga pergerakan. Pertama adalah pergerakan naik atau apresiasi awal yang terjadi secara impulsif atau signifikan. 

Selanjutnya pergerakan itu akan dilanjutkan dengan konsolidasi yang membentuk segitiga. Namun segitiga tersebut akan bergerak naik sehingga membentuk mengerucut ke atas. 

Umumnya segitiga ini akan dibentuk dengan support yang bergerak naik dengan resistance yang lurus menyamping. Pola ini digunakan untuk membuka posisi beli atau long saat harga keluar dari resistance yang bergerak lurus tersebut. 

Descending Triangle

Descending triangle atau pola segitiga yang bergerak turun adalah pola untuk memprediksi potensi pergerakan depresiasi atau koreksi. 

Pola ini masuk ke kategori bearish pattern atau pola yang memberikan potensi pergerakan negatif atau turun. 

Apa Itu Triangle Pattern? Pola Analisis Teknikal di Pasar Crypto

Umumnya pola ini akan digambarkan dengan tiga pergerakan. Pertama adalah pergerakan turun atau depresiasi awal yang terjadi secara impulsif atau signifikan. 

Selanjutnya pergerakan itu akan dilanjutkan dengan konsolidasi yang membentuk segitiga. Namun segitiga tersebut akan bergerak turun sehingga membentuk mengerucut ke bawah. 

Umumnya segitiga ini akan dibentuk dengan support yang bergerak lurus dengan resistance yang bergerak turun. Pola ini digunakan untuk membuka posisi jual atau short saat harga keluar dari support yang bergerak lurus tersebut.

Symmetrical Triangle 

Terakhir adalah pola symmetrical triangle dimana pola ini dapat memberikan pergerakan naik atau turun. Berbeda dengan dua segitiga sebelumnya, gambar segitiga simetris ini sama seperti namanya yaitu simetris. 

Apa Itu Triangle Pattern? Pola Analisis Teknikal di Pasar Crypto

Artinya, support dan resistance akan digambarkan untuk bertemu di titik tengah, dimana support merupakan garis bergerak naik dan resistance merupakan garis bergerak turun. 

Trader akan menggunakan pola segitiga simetris ini untuk memprediksi pergerakan yang berkonsolidasi relatif panjang. Jadi umumnya trader akan menunggu breakout atau harga keluar dari zona segitiga simetris ini. 

Sering kali akan ada false breakout atau pergerakan keluar secara singkat sebelum keluar ke arah sebaliknya. 

Contohnya ada kemungkinan saat terjadi breakout ke atas pergerakan itu menjadi awal koreksi karena setelah itu akan breakout ke bawah atau bahkan sebaliknya. 

Cara Menggunakan Triangle Pattern 

Umumnya trader akan menggunakan stop loss dan take profit untuk membuka posisi otomatis saat ingin mengambil keuntungan atau memotong kerugian. 

Contoh akan digunakan dengan pola ascending triangle. Dengan ascending triangle trader akan membuka posisi saat terjadi breakout dan memasang stop loss dan take profit pada support dan resistance terdekat. 

Trader kemungkinan akan membuka posisi take profit pada bagian resistance terdekat atau harga tertinggi sebelum pola ascending triangle terjadi. 

Apa Itu Triangle Pattern? Pola Analisis Teknikal di Pasar Crypto

Untuk stop loss, umumnya trader akan menyesuaikan dengan strategi dan rencana risiko masing-masing namun membuka posisi stop loss dekat di bawah pola segitiga tersebut. 

Secara keseluruhan, strategi tersebut juga wajib disandingkan dengan manajemen risiko pribadi sehingga harus disesuaikan dengan kesanggupan persentase kerugian dan target keuntungan masing-masing. 

Dengan membaca artikel ini analis dapat memiliki gambaran dasar mengenai cara apa itu triangle pattern dan bagaimana cara menggunakannya. 

Top exchange
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin