Berita Altcoins · 8 min read

Mike Tyson Dukung Solana, Apakah Pengaruhi Harga SOL?

Mantan petinju profesional Amerika Michael Gerard Tyson atau yang lebih dikenal Mike Tyson baru-baru ini mendeklarasi ketertarikannya dengan crypto dan memberi dukungan penuh untuk Solana.

Namun dukungannya tersebut justru mendapat respon yang kurang menyenangkan dari sebagian besar pengikutnya.

Banyak trader yang kemudian berspekulasi bahwa Tyson hanya mencoba mendongkrak harga SOL di tengah koreksi market.

Sementara trader yang lain berpikir SOL adalah instrumen yang terlalu mahal dan usaha sang petinju legendaris untuk mempompanya terlalu berlebihan.

Performa Solana Baru-baru Ini

Pada saat penulisan, SOL diperdagangkan pada $143,64 setelah koreksi 2,9%. Meski begitu, setidaknya Solana masih mencatat keuntungan mingguan sekitar 2,1%. Ini terjadi setelah level terendah 15 minggu yang terlihat pada 10 Januari lalu. 

Mengawali awal tahun ini, Solana dinobatkan menjadi salah satu proyek yang paling disukai di komunitas Ethereum. Dalam voting di platform Twitter baru-baru ini oleh Vitalik Buterin, SOL juga masuk ke daftar di belakang Cardano.

Karena performanya yang cukup baik, analis Bank of America Alkesh Shah bahkan mengungkapkan bahwa Solana dapat mengambil pangsa pasar Ethereum.

Dalam catatan itu, Shah mengutip anggota Solana Foundation Lily Liu dan menyatakan,

“Solana menghasilkan blockchain yang dioptimalkan untuk kasus penggunaan konsumen dengan memprioritaskan skalabilitas, biaya transaksi rendah, dan kemudahan penggunaan.”

Baca juga: Bawa Protokol ke Solana, Exotic Markets Luncurkan Versi Alpha

Meski begitu, transaksi Solana yang lambat dan kemacetan jaringan telah menghantui chain untuk sementara waktu.

Beberapa waktu lalu, Solana dilaporkan terkena serangan DDoS Attack. DDoS umumnya mengacu pada sejumlah besar perangkat terkoordinasi, atau botnet yang membanjiri jaringan dengan lalu lintas palsu untuk membuatnya offline.

Kejadian ini bukan yang pertama kali dialami Solana, blockchain yang sering disebut sebagai Ethereum killer ini sempat mengalami pemadaman 17 jam karena aktivitas booting massal untuk penawaran DEX awal (IDO) pada platform DEX berbasis Solana, Raydium pada September lalu.

Jadi kesimpulannya, selain harga cryptocurrency yang fluktuatif dan memang mendorong harga aset untuk naik atau turun, blockchain Solana sendiri tampaknya ada yang tidak beres dan perlu diperbaiki untuk menghindari kemacetan dalam bertransaksi dan serangan lainnya.

Sementara dukung Mike Tyson sejauh ini tidak terlalu menolong pemulihan harga SOL.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.