Berita Exchange · 5 min read

Mengenal Exchange Kripto Pertama di Dunia!

Exchange kripto pertama di dunia

Selalu ada pertama untuk setiap sesuatu yang baru, termasuk untuk industri kripto. Salah satu komponen penting jalannya industri ini adalah keberadaan exchange atau pertukaran yang memungkinkan proses beli dan jual aset kripto. 

Dilansir dari situs Guiness World Record, exchange kripto pertama yang tercatat adalah Bitcoimarket. Situs ini diusulkan oleh pengadopsi Bitcoin awal dengan nama samaran dwdollar lewat forum Bitcointalk pada 15 Januari 2010. Situs ini resmi beroperasi pada 17 Maret 2010.

Sebelum Bitcoinmarket, tidak ada kesepakatan nyata mengenai nilai BTC. Namun ketika situs tersebut resmi beroperasi, harga BTC berharga sekiat US$0,003. Metode pembayaran dilakukan dengan Paypal dengan pertukaran USD/BTC.

Pada Juni 2011, Paypal banyak digunakan oleh para scammer, yang akhirnya membuat pembeli memilih untuk mendapatkan Bitcoin dengan cara lain. Pada waktu ini, ada pertukaran lain, bernama MT Gox, yang pada akhirnya menggeser pamor Bitcoinmarket. 

Baca juga: Begini Pergerakan Bitcoin dari Tahun ke Tahun

Exchange Kripto Terbesar di Masa Awal Bitcoin

Mt. Gox adalah pertukaran kripto yang beroperasi di Shibuya, Tokyo, Jepang. Didirikan pada 2010 oleh Jed McCaleb. Di masa jayanya pada 2010-2014, pertukaran ini pernah mendominasi volume perdagangan Bitcoin hingga 70-80%. 

Pada 28 Februari 2014 Mt. Gox ajukan perlindungan kebangkrutan karena peretasan yang berulang kali terjadi. Perusahaan mengatakan telah kehilangan hampir 750.000 Bitcoin pelanggannya, dan sekitar 100.000 Bitcoin milik pertukaran.

Mt. Gox merilis pernyataan yang mengatakan, “Perusahaan percaya ada kemungkinan besar bahwa Bitcoin dicuri,” menyalahkan peretas, dan mulai mencari Bitcoin yang hilang. 

Pada pertemuan kreditor pada 20 Oktober 2021 diumumkan bahwa Rencana Rehabilitasi Sipil diterima oleh 99% dari kreditor (mewakili 83% dari jumlah total hak suara) dan bahwa miliaran dolar dalam Bitcoin akan diberikan sebagai kompensasi.

Rencana tersebut secara resmi disetujui pada 16 November 2021.  Pada 6 Juli 2022, wali amanat Jepang dari Mt. Gox memegang hampir 142.000 Bitcoin, dan pada Maret 2023, kreditur Mt. Gox dapat kembali mencairkan asetnya.

Baca juga: MT Gox Mulai Cairkan 142 Ribu Bitcoin di Maret 2023

Exchange Kripto Terbesar Saat Ini 

Pertukaran terbesar dengan volume yang dilaporkan menurut CoinMarketCap adalah Binance. Perusahaan ini diluncurkan pada Juli 2017 oleh Changpeng Zhao atau CZ. Berdasarkan data Arcane Research 2022, Binance menguasai 92% volume spot Bitcoin. 

Dominasi Binance di perdagangan Bitcoin. Sumber: Arcane Research
Dominasi Binance di perdagangan Bitcoin. Sumber: Arcane Research

Arcane Research juga menemukan, Binance mendapatkan 66% dari volume prepetual kripto dan 61% dari volume derivatif BTC pada akhir tahun 2022. OKX dan Bybit adalah tempat perdagangan terbesar kedua dan ketiga untuk prepetual Bitcoin.

Baca juga: Faktor-faktor Ini Buat Binance Dominasi Pasar Kripto 2022

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.