Berita Exchange · 5 min read

Faktor-faktor Ini Buat Binance Dominasi Pasar Kripto 2022

Binance Dominasi Perdagangan Kripto

Saat market kripto mengalami kekacauan di 2022, Binance berhasil muncul sebagai pemenang, ada beberapa faktor yang membuat pertukaran kripto ini berhasil mendominasi di 2022, apa saja itu? Berikut ini ulasannya.


Pertukaran aset kripto yang didirikan Changpeng Zhao ini berhasil menguasai sebanyak 92% volume spot bitcoin, menurut studi akhir tahun dari Arcane Research. 

Dominasi Binance di perdagangan Bitcoin.
Dominasi Binance di perdagangan Bitcoin. Sumber: Aracane Research

Aracane Research juga menemukan, Binance mendapatkan 66% dari volume prepetual kripto dan 61% dari volume derivatif BTC pada akhir tahun 2022. OKX dan Bybit adalah tempat perdagangan terbesar kedua dan ketiga untuk prepetual Bitcoin. 

“Tidak ada bukti lain ‘pemenang’ tahun 2022 selain Binance dalam hal struktur pasar crypto dan dominasi pasar,” kata Arcane Research.

Faktor lain dominasi Binance
Faktor-faktor lain dominasi Binance. Sumber: Arcane Research

Faktor lain yang berkontribusi terhadap kesuksesan Binance mendominasi adalah seluruh pangsa pasar FTX beralih ke Binance pada bulan November, Binance pun telah menjadi pemimpin pasar sepanjang tahun dengan mempertahankan pangsa pasar 25-35% dari OI dalam derivatif BTC.

BNB aset kripto asli dari Binance berhasil mengungguli BTC dan ETH, ketika beberapa pertukaran melakukan pemberhentian kerja pada karyawannya, Binance justru menggandakan jumlah karyawannya di 2022.

Binance juga telah meluncurkan perdagangan tanpa biaya untuk pasangan spot BTC pada bulan Juli tahun lalu, sebuah langkah yang dikaitkan dengan memperkuat dominasinya. 

Arcane memperkirakan bahwa Binance akan kembali dan mulai membebankan biaya perdagangan BTC sekali lagi, yang akan menormalkan pangsa pasarnya.

Arcane juga membahas apakah volume spot yang dilaporkan dapat dipercaya, sebab volume perdagangan kripto bisa sangat sulit untuk benar-benar diukur mengingat prevalensi wash trading. 

“Sementara sifat organik dari beberapa volume ini dapat dinegosiasikan, tidak dapat dinegosiasikan bahwa ini telah mengkonsolidasikan dominasi Binance atas pasar spot BTC,” kata Arcane.

Dominasi Binance Ingatkan dengan Mt.Gox

Dominasi Binance ini pun mengingatkan kembali dengan masa kejayaan Mt.Gox satu dekade lalu yang menjadi penguasa volume spot BTC seperti Binance.

Mt.Gox sendiri merupakan salah satu pertukaran Bitcoin paling awal, yang dilaporkan menangani 70% dari semua perdagangan Bitcoin di 2013. Namun pertukaran ini harus bangkrut secara dramatis di 2014 karena kehilangan 850.000 BTC senilai $500 juta saat itu. 

Namun, Arcane mencatat perbandingan Mt.Gox dengan Binance hanya sampai di situ aja, karena volume perdagangan memang terkonsentrasi di Binance tetapi cadangan BTC tidak.

Saldo bitcoin Binance hanya menghasilkan sekitar 25% dari semua BTC yang disimpan di bursa, menurut temuan perusahaan, yang berarti risiko sistemik yang lebih sedikit saat ini dibandingkan era Mt.Gox.

Timbul Kekhawatiran Atas Dominasi Binance

Pangsa pasar Binance yang sangat besar menambah pentingnya kemampuannya untuk memproses penarikan. Kegelisahan muncul bulan lalu setelah Binance mendaftarkan $1,9 miliar penarikan dalam 24 jam, membuat bursa menghentikan sementara penarikan stablecoin USDC.

Itu adalah arus keluar harian bursa terbesar selama periode 24 jam sejak Juni, menurut Nansen. CEO Binance, Changpeng Zhao, menganggap penarikan itu “seperti biasa”.

Arcane berharap dominasi Binance di pasar spot akan berkurang pada tahun 2023 sementara dominasi BUSD akan meningkat dan  memperhitungkan pangsa minat terbuka perpetual kripto akan tetap tahun ini.

Baca juga: CEO Binance, Changpeng Zhao Respon Rumor yang Menimpa Binance

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Jelajahi Berita Lainnya

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.