Berita Exchange · 6 min read

Mt. Gox Mulai Cairkan 142 Ribu Bitcoin di Maret 2023

MT GOX

Pertukaran kripto, Mt. Gox merilis sebuah pernyataan pada Jumat (6/1) terkait rencana rehabilitasi kreditur. Dalam dokumen tersebut, Mt. Gox menyatakan akan memulihkan dana pelanggan setelah proses likuidasi selama sepuluh tahun.

Mulai tanggal 10 Maret 2023, kreditur diharapkan sudah menerima pembayaran awal dan batas waktu penyelesaian pembayaran adalah 30 September 2023.

Berapa Lama Proses Pencairan Dana Mt. Gox?

Kreditur Mt. Gox harus terlebih dahulu melakukan registrasi di pertukaran pilihannya. Kreditur tidak bisa mengklaim dana jika tidak melakukan registrasi.

Pertukaran memberikan batasan dan kecepatan waktu yang berbeda untuk proses pencairan dana.

BitGo menyatakan bahwa mereka akan memproses pengembalian dana dalam waktu 20 hari. Sementara, Kraken mengatakan bahwa pembayaran mungkin memerlukan waktu hingga 90 hari untuk diproses.

Dokumen tersebut juga memberi kreditur beberapa pilihan terkait metode pelunasan dan waktu pembayaran kembali (repayment).

Keputusan paling penting yang harus dipertimbangkan kreditur, apakah ia akan menerima sejumlah besar dana secara langsung atau menunggu proses pemulihan aset lebih lanjut.

Selain itu, kreditur juga harus dipertimbangkan apakah ia ingin menerima dana dalam bentuk mata uang fiat atau kripto.

Pembayaran Akan Dilakukan dengan Bitcoin dan Uang Fiat

Menurut moderator subreddit MtGoxInsolvency, pengembalian dana kepada kreditur akan dibayarkan dengan campuran kripto, yaitu BTC/BCH serta uang fiat.

Sebesar 200.000 yen dari setiap klaim kreditur akan dibayarkan dalam yen. Jika klaim kreditur lebih besar dari jumlah ini, mereka akan menerima campuran sekitar 71% kripto dan 29% uang tunai setelah pembayaran awal.

Berapa Banyak Bitcoin akan Dilikuidasi?

Belum ada informasi pasti mengenai jumlah Bitcoin yang akan diberikan kepada para kreditor.

Namun, kreditur diperkirakan akan menerima sekitar 21% dari nilai klaim rehabilitasi sipil. Ini berbeda dari nilai klaim pada saat kebangkrutan karena nilai tukar telah dievaluasi ulang sejak saat itu.

Bitcoin tersebut akan menjadi bagian dari neraca bursa yang terdiri dari 142.000 BTC(US$3,3 miliar hari ini), 143.000 BCH (US$19 juta) dan 69 miliar Yen (US$510 juta) berdasarkan neraca tahun 2019.

CoinDesk melaporkan bahwa dua kreditor terbesar Mt. Gox, yaitu Bitcoinica dan MtGox Investment Fund (MGIF), telah memilih untuk menerima pembayaran awal sekaligus.

Laporan terbaru mengindikasikan bahwa dua kreditor terbesar, yang mengklaim sekitar 20% dari total klaim, telah memilih untuk menerima pembayaran dalam bentuk kripto, menurut laporan bank.

Ini menandakan, pembayaran mereka tidak akan dijual secara otomatis untuk membayar klaim mereka secara penuh dalam bentuk tunai. Sebaliknya, mereka akan menerima pembayaran dalam bentuk campuran kripto dan uang tunai.

Pendapat Ahli Soal Pengaruh Likuidasi Mt. Gox Pada Pasar Bitcoin

Dilansir dari laporan Coindesk, Ahli Strategi, Ivan Kachkovski dan James Malcolm mencatat bahwa opsi untuk menerima pembayaran dalam bentuk lump-sum awal dengan mata uang fiat akan memaksa pertukaran untuk menjual sejumlah Bitcoin untuk memperoleh uang tunai yang dibutuhkan.

Namun, mereka juga menunjukkan bahwa kekhawatiran lama tentang dampak negatif yang ditimbulkan dari penebusan Mt. Gox terhadap harga Bitcoin sebenarnya tidak sepenuhnya benar.

Meskipun 850.000 Bitcoin hilang dari bursa pada tahun 2014, tidak semua jumlah tersebut berpotensi dibuang. Sebab, pertukaran berhasil memulihkan 142.000 BTC, 143.000 dalam Bitcoin Cash (BCH), dan 69 miliar yen Jepang ($510 juta), yang mewakili sekitar 20% dari total kerugian akibat peretasan.

Baca Juga: Korban Mt. Gox Mulai Dibayar, 142.000 Bitcoin Siap Dijual

Namun, ada potensi bahwa pembayaran tersebut akan memengaruhi harga Bitcoin.

Ini dikarenakan jumlah Bitcoin yang akan dibayar mewakili sekitar 90% dari pasokan rata-rata yang aktif dalam sehari terakhir dan 28% dalam seminggu terakhir.

Kenaikan pasokan aktif biasanya dikaitkan dengan penurunan harga Bitcoin, seperti yang dijelaskan dalam catatan tersebut.

Namun, kenyataannya adalah jumlah Bitcoin yang akan masuk ke pasar jauh lebih sedikit, karena banyak pengguna awal masih mempercayai kripto.

Baca Juga: 10.000 Bitcoin Setara Rp2,6 Triliun Terkait Mt.Gox Mulai Bergerak!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.