Berita Bitcoin · 8 min read

Presiden El Salvador dan Justin Sun Akan Membeli Satu Bitcoin Per Hari, Apa Dampaknya untuk Market?

beli bitcoin setiap hari

Meskipun penurunan harga Bitcoin (BTC) terus berlanjut karena kondisi market kripto pada saat ini, Presiden El Salvador dan pendiri TRON merencanakan akan membeli satu BTC setiap harinya.

Satu Bitcoin Per Hari

Meski bear market telah menghapus sebagian besar nilai BTC dari kepemilikan negaranya. Bukele belum mundur dari pendiriannya bahwa Bitcoin akan baik untuk masa depan negara dan mengatakan El Salvador akan terus membeli Bitcoin.

Bukele tidak terpengaruh dengan kerugian besar yang ditimbulkan oleh strategi kontroversialnya yang menggunakan uang publik untuk berinvestasi di BTC.

Semangat yang bergejolak dengan BTC, akhirnya Bukele mengumumkan dalam keterangan tertulis di Twitter, bahwa dirinya akan membeli satu BTC per harinya yang dimulai hari ini. 

Pengumuman itu muncul diperkirakan setelah negara itu membeli bitcoin terakhir kalinya  pada Juni 2022, membeli 80 BTC dengan harga $19.000 per koin.

Di samping itu, El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengakui bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada September 2021. Sejak saat itu, Presiden Bukele sering membeli BTC dan memanfaatkan market retracement yang tajam meskipun pertumbuhan ekonomi negaranya anjlok.

Hingga saat ini, negara tersebut telah menghabiskan sekitar $103 juta (Rp1,6 triliun) untuk 2.381 BTC dengan harga rata-rata $43.357 per unit.  Namun, berbagai rintangan bear market yang sudah terlewati membuat kinerja harga BTC mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir. 

Sehingga pada saat ini nilai Bitcoin El Salvador hanya mencapai $39 juta (Rp611 miliar) saja, dengan kerugian yang belum direalisasi lebih dari $64 juta (Rp1 triliun), bersumber dari Zycrypto, Jumat (18/11/2022).

Meski demikian, negara tersebut belum menunjukkan indikasi apa pun bahwa ia berencana untuk menjual, dan kepemilikannya dapat melampaui 3.000 BTC jika melanjutkan rencananya untuk membeli satu BTC per harinya. 

Baca Juga: Pemerintah AS Punya Bitcoin Senilai Rp69 Triliun!

Bukele Dapat Dukungan dari Justin Sun

Pendiri TRON, Justin Sun ikut menggemakan inisiatif Bukelele dan juga berencana untuk membeli satu BTC per hari.

Justin tampaknya tidak terlalu peduli dengan fluktuasi harga jangka pendek BTC. Tidak lama setelah pengumuman presiden Salvador, Sun menyatakan bahwa ia juga akan membeli satu bitcoin setiap hari mulai hari ini. 

Sebagai jaminan untuk stablecoin USDD yang dipatok dalam dolar, Tron DAO Reserve, sebuah organisasi yang berfokus pada komunitas yang mempromosikan pengembangan di jaringan Tron, telah mengakuisisi jutaan Bitcoin, token asli Tron TRX, dan Tether. 

Apa Dampak Market Kripto dari Keputusan Tersebut?

Keputusan Nayib Bukele dan Justin Sun tersebut menggunakan strategi Dollar Cost Averaging (DCA), di mana melakukan pembelian BTC dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Sederhananya strategi DCA adalah metode sederhana di mana berinvestasi dengan jumlah yang sama setiap hari, bulan ataupun per minggunya. 

Meski demikian, dampak pembelian satu BTC per hari dalam jangka pendek tidak memiliki pengaruh sepenuhnya  bagi harga BTC. Karena jika melihat harga 1 BTC dalam rupiah yakni Rp263,5 juta maka jumlah ini sangat jauh dibandingkan volume harian total BTC yakni Rp463 triliun, yang berdasarkan data  Coinmarketcap.

Sementara, pada saat penulisan harga BTC diperdagangkan senilai $16,870.95 pukul 9.34 WIB dan mengalami kenaikan 1,16% selama 24 jam terakhir, berdasarkan data CoinMarketCap.

BTC sedang tren di pertengahan $16.000 | Sumber: BTCUSD di TradingView.com

Baca Juga: Presiden El Salvador Sebut Bitcoin Berbeda dari FTX!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.