Liquibrium, StableSwap Paling Efisien di Tezos

Anisa Giovanny

26th April, 2022

Blockchain Tezos merupakan tempat berbagai ekosistem di industri crypto bekerja, salah satunya adalah proyek bernama Liquibrium yang memfasilitasi pertukaran antara stablecoin.

Baca juga: Apa itu Stablecoin? Panduan untuk Pemula

Dengan Liquibrium pengguna akan mendapatkan slippage rendah dan penyedia likuiditas yang tinggi.

Pasangan mata uang kripto yang diluncurkan pertama adalah $kUSD – $USDtz. Dibangun oleh tim kecil pengembang independen (Dev Churiwala, Dayitva Goel, dan Vivek Kumar) dari awal, Liquibrium berakar pada program Tezos India Fellowship.  

Liquibrium pun terus berusaha memberikan layanan terbaik dan meningkatkan platformnya untuk bisa sejajar dan bersaing dengan Curve Finance, pertukaran stablecoin yang mapan di ruang DeFi.

Saat ini Liquibrium akan berfokus untuk memberikan pertumbuhan di Tezos di DeFi.

Fitur Liquibrium

Penyediaan Likuiditas Satu Sisi

Pengguna tidak perlu memiliki kedua token untuk menyediakan likuiditas, hal ini disebabkan karena Liquibrium memungkinkan penggunannya untuk memilih.

Pengguna bisa menambahkan likuditas hanya ke satu sisi pool atau tambahkan berturut-turut ke kedua sisi.

Dinamika Arbitrase Baru

Dengan fitur ini Liquibirum dapat menyeimbangkan pool dan mendapatkan token LP tambahan. Inti dari protokol terletak pada mekanisme inovatifnya untuk memberi penghargaan pada token LP.

Jika balance pool dan pengguna menambahkan token untuk memindahkannya ke keadaan, pengguna akan diberi bonus kecil dalam bentuk token LP.

Demikian pula, jika pengguna menarik sejumlah besar dan memindahkan kumpulan ke keadaan tidak seimbang, protokol memberi penghargaan lebih sedikit LP.

Setoran dan Penarikan Tanpa Biaya

Tambahkan likuiditas atau hapus likuiditas kapan saja tanpa membayar biaya apa pun. Setor sekali dan tetap dapatkan biaya pertukaran sampai pengguna melakukan penarikan dan ini semua berlangsung tanpa biaya.

Biaya Swap Rendah

Liquibrium menawarkan swap dengan biaya minimal 0,15%, salah satu yang terendah di seluruh ekosistem Tezos DEX.

Baca juga: Apa Itu Tezos (XTZ)? Blockchain Ramah Lingkungan

Slippage Rendah

Dapatkan rasio pertukaran terbaik untuk swap yang dimungkinkan melalui koefisien dinamis yang dapat digunakan untuk menyetel kerataan kurva.

Ini dimungkinkan oleh kurva ikatan yang lebih akurat  dengan model dinamika pool stablecoin. Ini adalah penggabungan dari jumlah konstan dan formula market maker produk konstan yang bertujuan untuk memberikan yang terbaik dari kedua dunia.

Aman

Smart contract Liquibrium telah diaudit secara independen dan terbukti aman dari kerentanan. Penyedia likuiditas juga dapat menyediakan likuiditas dengan sedikit atau tanpa kerugian permanen.

Karena token di kumpulan stablecoin dipatok atau dipindahkan bersama, penyedia likuiditas tidak mengambil risiko memegang aset yang mengalami apresiasi atau depresiasi dengan cepat yang mungkin tidak bergerak bersama.

Dapatkan informasi terbaru soal Tezos dengan bergabung di grup telegram Tezos Indonesia atau Discord Tezos

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency