Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Altcoins · 5 min read

5 Aset Kripto yang Perlu Dihindari Pekan Ini

5 Aset Kripto yang Patut Dihindari Pekan Ini

Ada berbagai hal yang dapat memengaruhi volatilitas kripto, beberapa di antaranya adalah sentimen regulator, komunitas, hingga teknologi dan inovasi yang digunakan oleh aset kripto itu sendiri.

Beberapa faktor tersebut kerap kali menjadi salah satu bahan analisis untuk menentukan apakah harga kripto akan naik atau turun. Melihat dari berbagai faktor itu, analis Coinvestasi telah memilih lima koin yang setidaknya perlu dihindari pekan ini karena ada potensi untuk mengalami penurunan lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Kripto Potensial di Agustus 2023

Worldcoin (WLD)

Worldcoin (WLD) merupakan proyek yang dipimpin oleh Sam Altman dan Alex Blania. Proyek ini mengadopsi teknologi biometrik yang terhubung dengan alat khusus yang dikenal sebagai Worldcoin Orb.

Pergerakan Harga Token WLD. Sumber: Coinmarketcap
Gambar: Pergerakan Harga Token WLD. Sumber: Coinmarketcap

Worldcoin Orb mampu memindai iris, tubuh, dan wajah pengguna dengan resolusi tinggi. Pemindaian iris digunakan sebagai metode verifikasi identitas dalam proyek World ID. Namun, Worldcoin menghadapi kontroversi terkait isu privasi data.

Beberapa negara sedang menyelidiki proyek Worldcoin, yakni Jerman, Prancis, dan Inggris. Di samping itu, regulator di Kenya bahkan telah membekukan penggunaan token WLD.

Imbas dari masalah privasi data di Worldcoin pada akhirnya membuat aset kripto utilitasnya, WLD mendapatkan pengaruh. Harga token WLD dalam sepekan terakhir terpantau turun 12,33% setelah naik 60% di awal-awal peluncurannya. Diprediksi jika Worldcoin masih terus tersandung kasus privasi data, token WLD akan mengalami penurunan lebih lanjut.

Baca juga: Mengenal Proyek dan Kontroversi Worldcoin Milik Bos ChatGPT

Meta (MTA)

Token Meta (MTA) sering dikaitkan dengan perusahaan teknologi milik Mark Zuckerberg, yaitu Meta Platforms. Faktanya, tidak ada hubungan antara token MTA (Meta) dengan perusahaan tersebut. MTA merupakan token yang terkait dengan mStable, bagian dari ekosistem stablecoin terdesentralisasi.

Token MTA (Meta) memiliki tiga fungsi utama, yakni mengoordinasikan tata kelola terdesentralisasi, memberikan insentif untuk meningkatkan likuiditas, dan berperan sebagai utilitas untuk aset mStable. Namun, token ini dianggap tidak masih belum memiliki adopsi yang baik dan harga token yang cenderung dalam tren turun.

Pergerakan Harga Token META (MTA). Sumber: Coinmarketcap
Gambar Pergerakan Harga Token META (MTA). Sumber: Coinmarketcap

Saat ini, token MTA diperdagangkan seharga US$0,03683620 mencatat penurunan -2,9% dalam sepekan terakhir. Harga token MTA bahkan telah mencatat penurunan -77,2% dalam satu tahun.

Huobi Token

Huobi Token (HT) merupakan token utama dari platform pertukaran kripto Huobi Global. Token ini merupakan representasi aset digital yang terdesentralisasi, berjalan di atas teknologi blockchain Ethereum dengan standar ERC-20.

Sebagian besar nilai token HT bergantung pada performa exchange kripto Huobi, ketika Huobi mengalami krisis token HT akan turun, dan begitu sebaliknya.

Nilai token HT saat ini diperdagangkan sebesar US$2,59 mengalami penurunan 8,25% dalam satu bulan. Pekan lalu, exchange Huobi Global dirumorkan dengan isu kepailitan.

Pergerakan Harga Huobi Token (HT). Sumber: Coinmarketcap
Gambar pergerakan Harga Huobi Token (HT). Sumber: Coinmarketcap

Huobi mencatat arus keluar US$64 juta menambah kerugian yang sudah berlangsung lama dalam total nilai aset yang dipegang (TVL) di pertukaran tersebut.

Laporan Defillama mengungkapkan total nilai aset yang dipegang di Huobi juga mencatat penurunan dari US$3 miliar menjadi US$2,5 miliar dalam satu bulan terakhir.

Baca juga: Huobi Dirumorkan Krisis Likuiditas, Ini Kronologinya!

SAND

Token SAND adalah token utilitas yang memungkinkan pemain untuk melakukan transaksi jual-beli aset dalam permainan di platform Sandbox. Token ini berkaitan dengan metaverse dan gaming.

Harga token SAND dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk sentimen pasar kripto, adopsi dan penggunaan platform Sandbox, serta kinerja proyek-proyek terkait gim dan metaverse.

Baru-baru ini, token SAND melakukan unlock token sebesar 332,55 juta SAND (senilai US$131 juta), mewakili sekitar 16,66% dari total pasokan beredar.

Pergerakan Harga Token SAND. Sumber: Coinmarketcap
Gambar Pergerakan Harga Token SAND. Sumber: Coinmarketcap

Secara umum, ketika dilakukan unlock token, pasokan yang beredar akan meningkat dan mengakibatkan penurunan harga. Saat ini, harga token SAND diperdagangkan seharga US$0,3911 mencatat penurunan sebesar -2,21% setelah dilakukan unlock token.

Aptos

APTOS (APT) adalah token asli dari Aptos, sebuah jaringan blockchain layer-1 yang diciptakan oleh Aptos Labs. Token APT digunakan untuk membayar biaya transaksi dan jaringan di dalam ekosistem Aptos.

Token ini juga digunakan untuk pemungutan suara tata kelola pada perubahan protokol dan prosedur on atau off-chain, serta melakukan staking untuk melindungi blockchain.

Harga APTOS (APT) dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk permintaan dan penawaran di pasar, adopsi dan penggunaan jaringan blockchain Aptos, perkembangan dan inovasi teknologi yang dilakukan oleh Aptos Labs.

Pergerakan Harga Token APT. Sumber: Coinmarketcap
Gambar Pergerakan Harga Token APT. Sumber: Coinmarketcap

Baru-baru ini token Aptos (APT) telah melakukan unlock token pada Sabtu (12/8). Saat ini, token APT dihargai US$6,95 mencatat penurunan 3,20% dalam tiga hari pasca unlock token. Token APT dijadwalkan akan melakukan unlock token kembali pada 12 September.

Baca Juga: Donald Trump Ketahuan Miliki ETH Senilai Miliaran Rupiah!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.