Lebih dari $4,5 Miliar ETH Dibakar, Ini Pengaruhnya pada Jaringan!

Rossetti Syarief

4th February, 2022

Lebih dari $4,5 miliar Ethereum (ETH) telah dibakar sejak implementasi Ethereum Improvement Proposal (EIP) 1559 melalui hard fork London pada 5 Agustus lalu.

Menurut data yang dilansir dari Watch the Burn, terdapat total 1,747 juta ETH senilai $4,58 miliar telah dibakar sejak Agustus, dengan rata-rata 12.300 aset senilai $32 juta dibakar per hari.

Sementara per hari ini, penerbitan bersih Ethereum telah turun menjadi 1.100 ETH, yang berarti pengurangan bersihnya sekarang lebih dari 91%.

Beberapa analis kemudian memberi perkiraan bahwa ETH bisa menjadi mata uang deflasi jika aset tersebut bisa membakar lebih dari penerbitan bersihnya, yang telah terjadi di beberapa blok.

Baca Juga: Bos Ethereum Usulkan Proposal Struktur Biaya Jaringan Yang Baru

Upgrade ETH Memikat Investor

Hard fork London mencakup implementasi EIP 1559, yang mengubah bagaimana cara kerja biaya transaksi pada jaringan berlangsung.

Alih-alih auction system (sistem lelang), pengguna kini membayar biaya dasar agar transaksi mereka diproses oleh miner. Dan alternatif lainnya, dapat juga memberikan tip kepada para miner agar transaksi mereka diproses lebih cepat.

Sementara para penambang tidak perlu membayar biaya dasar karena dapat memadati jaringan secara artifisial agar tetap tinggi dan menghasilkan lebih banyak aset. 

Sebaliknya, jika biaya dasar dibakar, secara efektif menghilangkan ETH dari peredaran selamanya. Harga tersebut juga naik ketika ada permintaan yang lebih tinggi, dan turun ketika permintaan lebih rendah. 

Pada saat proses upgrade, analis memperkirakan bahwa ETH senilai $5 miliar dapat dibakar dalam setahun. Angka tersebut menunjukkan lebih dari $5 miliar diperkirakan akan habis terbakar pada Agustus tahun ini.

Beberapa investor pun telah bullish pada ETH setelah hard fork London. Mantan eksekutif Goldman Sachs Raoul Pal, misalnya, mengungkapkan bahwa dia percaya Ethereum adalah “Fundamental cryptocurrency yang menunjukkan bahwa ia memiliki keuntungan besar di masa depan”.

Demikian pula, hedge fund cryptocurrency yang berbasis di Singapura, Three Arrows Capital, telah menginvestasikan lebih dari $80 juta dalam ETH setelah harganya turun di bawah $4.000 akhir tahun lalu.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.