Berita Altcoins · 7 min read

Lebih dari $4,5 Miliar ETH Dibakar, Ini Pengaruhnya pada Jaringan!

Lebih dari $4,5 Miliar ETH Dibakar

Lebih dari $4,5 miliar Ethereum (ETH) telah dibakar sejak implementasi Ethereum Improvement Proposal (EIP) 1559 melalui hard fork London pada 5 Agustus lalu.

Menurut data yang dilansir dari Watch the Burn, terdapat total 1,747 juta ETH senilai $4,58 miliar telah dibakar sejak Agustus, dengan rata-rata 12.300 aset senilai $32 juta dibakar per hari.

Sementara per hari ini, penerbitan bersih Ethereum telah turun menjadi 1.100 ETH, yang berarti pengurangan bersihnya sekarang lebih dari 91%.

Beberapa analis kemudian memberi perkiraan bahwa ETH bisa menjadi mata uang deflasi jika aset tersebut bisa membakar lebih dari penerbitan bersihnya, yang telah terjadi di beberapa blok.

Baca Juga: Bos Ethereum Usulkan Proposal Struktur Biaya Jaringan Yang Baru

Upgrade ETH Memikat Investor

Hard fork London mencakup implementasi EIP 1559, yang mengubah bagaimana cara kerja biaya transaksi pada jaringan berlangsung.

Alih-alih auction system (sistem lelang), pengguna kini membayar biaya dasar agar transaksi mereka diproses oleh miner. Dan alternatif lainnya, dapat juga memberikan tip kepada para miner agar transaksi mereka diproses lebih cepat.

Sementara para penambang tidak perlu membayar biaya dasar karena dapat memadati jaringan secara artifisial agar tetap tinggi dan menghasilkan lebih banyak aset. 

Sebaliknya, jika biaya dasar dibakar, secara efektif menghilangkan ETH dari peredaran selamanya. Harga tersebut juga naik ketika ada permintaan yang lebih tinggi, dan turun ketika permintaan lebih rendah. 

Pada saat proses upgrade, analis memperkirakan bahwa ETH senilai $5 miliar dapat dibakar dalam setahun. Angka tersebut menunjukkan lebih dari $5 miliar diperkirakan akan habis terbakar pada Agustus tahun ini.

Beberapa investor pun telah bullish pada ETH setelah hard fork London. Mantan eksekutif Goldman Sachs Raoul Pal, misalnya, mengungkapkan bahwa dia percaya Ethereum adalah “Fundamental cryptocurrency yang menunjukkan bahwa ia memiliki keuntungan besar di masa depan”.

Demikian pula, hedge fund cryptocurrency yang berbasis di Singapura, Three Arrows Capital, telah menginvestasikan lebih dari $80 juta dalam ETH setelah harganya turun di bawah $4.000 akhir tahun lalu.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.