Koreksi Pasar Meluas, Harga BNB Menguat

Rossetti Syarief

7th December, 2021

Setelah koreksi besar-besaran beberapa minggu kebelakang, sederet aset crypto telah melakukan pemulihan secara perlahan, salah satunya adalah Binance Coin. BNB naik 7,4% hari ini dan diperdagangkan dengan harga $588,31. 

Meski begitu, technical indicators untuk BNB terpantau bearish.

MACD, yang diciptakan oleh rata-rata pergerakan technical indicator, sedang menurun. Ini adalah tanda bahwa pergerakan rata-rata short-term melemah.

RSI, yang merupakan momentum indicator, berada di bawah 50. Garis 50 dianggap sebagai benchmark dari tren bullish ataupun bearish, sehingga penurunan di bawahnya menunjukkan bahwa tren tersebut kemungkinan besar akan bearish.

Grafik Pergerakkan BNB. Source: Chart By TradingView
Grafik Pergerakkan BNB. Source: Chart By TradingView

Berpotensi Bullish Ketika …

Namun grafik harian short-term memberikan pandangan yang lebih bullish.

Pertama, BNB ditransaksikan dalam parallel channel yang menurun. Channel semacam ini biasanya berisi gerakan korektif, yang kemungkinan besar akan menghentikan breakout. 

Kedua, terdapat pemulihan atau rebound yang terjadi bersamaan di titik fibonacci 0.5 dan juga harga support di $495.5.

Baca juga: Binance Bakar Token BNB Senilai $792 Juta

Oleh karena itu, ada kemungkinan koreksi selesai dan BNB akan keluar dari channel tersebut.

Grafik Pergerakan BNB
Grafik Pergerakan BNB

Melihat grafik, pergerakan harga diperiode tertentu telah menyerupai five wave formation, yang memungkinkan harga koreksi berikutnya akan korektif.

BNB diharapkan melanjutkan pergerakan harga ke atas setelahnya. Namun dengan syarat, BNB harus mempertahankan level support pada titik fibonacci 0.5 dengan harga $535, serta menciptakan level terendah yang lebih tinggi.

Prediksi Analis

Analis Cryptocurrency berbasis Twitter, @CryptoCapo_ mentweet fraktal BNB dan menyatakan bahwa penembusan dari pola long-term saat ini dapat memicu pergerakan grafik ke atas yang sangat tajam.

Fraktal BNB

Awalnya, BNB diperdagangkan di dalam parallel channel naik pada periode antara Juni 2020 – Januari 2021. Setelah itu, setelah token keluar dari channel, tingkat kenaikan berlangsung lebih cepat.

Oleh karena itu, jika BNB dapat keluar dari channel saat ini, kenaikan serupa berpotensi terjadi.

Baca juga: 3 Faktor Makroekonomi Ini Sebabkan Harga Crypto Koreksi

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.