Kontrak Options Januari Berakhir, ETH Diprediksi Koreksi ke $2.200

Rossetti Syarief

28th January, 2022

Harga Ethereum (ETH) jatuh di bawah support $3.000 pada 21 Januari lalu karena ketidakpastian peraturan yang terus membebani sektor.

Kemarin, tepatnya pada 27 Januari, Kementerian Keuangan Rusia juga mengajukan kerangka peraturan crypto untuk ditinjau. Proposal tersebut menyarankan bahwa operasi crypto dilakukan dalam infrastruktur perbankan tradisional dan mekanisme untuk mengidentifikasi data pribadi pedagang disertakan.

Berita penurunan harga kemudian berlanjut ketika Ryan Korner, agen Khusus Internal Revenue Service dari unit Investigasi Kriminal di Los Angeles, mengeluarkan komentar negatif selama acara virtual yang diselenggarakan oleh USC Gould School of Law

Menurut Ryan, crypto adalah “masa depan”, tetapi “penipuan dan manipulasi masih merajalela di sana.”

Sementara itu, trader mulai khawatir dan menerka-nerka apakah penurunan harga ETH pada 24 Januari kemarin adalah titik terendah yang akan mengakhiri tren turun saat ini? 

Bear Ethereum Apakah Segera Berakhir?
Bear Ethereum Apakah Segera Berakhir?

Ethereum pun telah turun sebesar 47,5% selama 30 hari terakhir. Namun anehnya, instrumen opsi call (beli) sangat mendominasi kedaluwarsa $ 1,1 miliar pada hari Jumat, tetapi penurunan diposisikan lebih baik setelah harga ETH stabil di bawah $3.000.

Tiga Skenario Harga ETH

Di bawah ini adalah tiga skenario yang paling mungkin terjadi berdasarkan aksi harga saat ini. Jumlah kontrak options yang tersedia pada hari Jumat untuk instrumen bulls (call) dan bear (put) bervariasi tergantung pada harga kadaluwarsa. 

Ketidakseimbangan yang menguntungkan masing-masing pihak merupakan keuntungan teoretis:

  1. Antara $2.200 dan $2.400: 3.200 calls vs. 121.500 puts. Net result supports menguntungkan put (bear) sebesar  $270 juta.
  2. Antara $2.400 dan $2.700: 19.500 calls vs. 95.500 puts. Net result supports menguntungkan put (bear) sebesar $190 juta.
  3. Antara $2.700 dan $2.900: 34.700 calls vs. 73.400 puts. Net result supports menguntungkan put (bear) sebesar $110 juta.

Perkiraan kasar ini mempertimbangkan opsi calls yang digunakan bullish dan opsi put secara eksklusif dalam perdagangan netral hingga bearish. Meski begitu, penyederhanaan yang berlebihan ini mengabaikan strategi investasi yang lebih kompleks.

Misalnya, seorang trader bisa saja menjual opsi calls, secara efektif mendapatkan eksposur negatif terhadap ETH di atas harga tertentu. Namun sayangnya, tidak ada cara mudah untuk memperkirakan efek ini.

Bear Mencoba Menahan ETH di bawah $2.400

Penurunan harga ETH sepertinya masih membutuhkan dorongan di bawah $2.400 untuk mencetak keuntungan $270 juta pada hari Jumat.

Di sisi lain, kenaikan harga ETH masih akan membutuhkan pemulihan harga sebesar 8,4% dari $2,500 saat ini untuk mengurangi kerugian mereka sebesar 58% yang bisa saja terjadi.

Namun mempertimbangkan arus berita regulasi bearish, kenaikkan harga ETH sepertinya tidak akan menambahkan lebih banyak risiko saat ini. 

Oleh karena itu, kenaikkan harga harus memusatkan upaya mereka untuk menyelamatkan sebagian besar kerugian dengan menjaga harga Ethereum di atas $2.500, namun kemungkinan ETH akan jatuh di rentan $2,200.

Baca Juga: Bos Ethereum Usulkan Proposal Struktur Biaya Jaringan Yang Baru

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.