Berita Bitcoin · 7 min read

Kinerja Harga Bitcoin di September Ciptakan Optimisme Bullish di Oktober

Analisis Harga Bitcoin Usai FOMC The FED

Bulan September selama beberapa tahun terakhir telah menjadi waktu yang sulit bagi Bitcoin, dengan penurunan harga yang menjadi tren tak terhindarkan.

Namun, tahun 2023 untuk pertama kalinya dalam sejarah, Bitcoin mencatatkan pertumbuhan positif yang signifikan selama bulan ini dengan naik 3,92%. Kenaikan ini menjadi titik balik dari tren negatif yang telah berlangsung sejak tahun 2016, berdasarkan data dari Coinglass.

Gambar performa harga Bitcoin per bulan. Sumber: Coinglass.

Pertumbuhan ini tercermin dengan jelas dalam lonjakan harga Bitcoin yang mencapai US$27.000 (30/9/23), sebelumnya dalam lima hari terakhir harga BTC berada direntang harga US$26.000.

Kenaikan kinerja BTC di September ini tentu telah melampaui harga di 2020 pada tanggal yang sama di angka US$26.700. Sementara untuk kinerja bulanannya -3,12%.

Analis di pasar kripto dengan nama akun X @CryptojelleNL, memperkirakan bahwa Bitcoin memiliki potensi untuk mencapai angka US$30.000 dalam waktu dekat. Data historis juga memberikan dukungan pada optimisme ini, karena Oktober sering kali menjadi bulan yang menguntungkan bagi Bitcoin.

Selain itu, Crypto Tedtalksmacro, seorang analis kripto terkemuka, menjelaskan bahwa Oktober adalah “periode musiman yang positif” bagi Bitcoin.

Dia mengutip data yang menunjukkan bahwa selama tiga tahun terakhir, Oktober selalu menjadi bulan dengan kinerja terbaik, dan optimisme ini sering kali berlanjut hingga kuartal pertama tahun berikutnya.

Perusahaan analisis blockchain ternama, Santiment, juga memberikan pandangan positif dengan mencatat akumulasi Bitcoin oleh pemegang besar (whale) selama enam minggu terakhir.

Akumulasi ini mengindikasikan minat beli yang kuat di pasar dan menunjukkan bahwa Bitcoin mungkin memiliki prospek jangka panjang yang menjanjikan.

Gambar akumulasi Bitcoin oleh whales. Sumber: Santiment.

Sambil Optimis Investor Harus Perhatikan Volatilitas

Namun, sambil tetap optimis, investor juga harus tetap waspada akan volatilitas pasar kripto di Oktober yang kemungkinan besar akan terpengaruh dengan ancaman Amerika Serikat terhadap shutdown ekonomi dan penundaan persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC.

Secara keseluruhan, bulan September 2023 telah mencatat sebuah momen bersejarah bagi Bitcoin. Tren positif ini telah menciptakan optimisme bahwa Oktober akan menjadi waktu di mana harga BTC akan mendapatkan kinerja harga yang baik.

Baca juga: 5 Alternatif Bitcoin Baru yang Perlu Kamu Tahu

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.